PPDB SMA dan SMK Sudah Selesai, Fasilitas Pengaduan Resmi Ditutup



Reporterjabar.com - Cirebon, Proses atau rangkaian PPDB SMA dan SMK 2022 di Jawa Barat, termasuk di Cirebon kini telah selesai. Fasilitas pengaduan dari PPDB inipun otomatis telah resmi ditutup.


"Artinya di tingkat sekolah pun saat ini telah bergeser memasuki tahap kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun pelajaran baru," ujar Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah X Jawa Barat, H Ambar Triwidodo, Sabtu 16 Juli 2022.


Ia menyebutkan, secara umum pelaksanaan PPDB di wilayah kerjanya berjalan lancar dan tertib. Proses PPDB dilakukan sesuai aturan, yaitu semuanya mengacu pada sistem yang ada.


Menurutnya, sebagaimana aturan, PPDB dari tahap I maupun II dilakukan secara online. Sehingga semua peserta didik dipastikannya memiliki data pokok pendidikan (Dapodik) secara nasional.


Sementara disinggung masih adanya sejumlah keluhan atas PPDB yang baru lalu, pihaknya tak memungkiri jika hal seperti itu masih terjadi.


Tetapi disebutkannya, semuanya dikembalikan kepada sistem PPDB yang menjadi aturan. Meski memang tak ada yang menghasilkan yang sempurna.


"Ibarat mau lebaran, pemerintah berusaha sekuat tenaga mempersiapkan segala sesuatunya, misalnya agar saat mudik tidak macet. Tetapi kemacetan tetap saja ada. Artinya dalam hal ini pemerintah sioatnya berusaha meminimalisir, begitupun dalam PPDB," paparnya.


Ia menyebutkan, bagi calon siswa yang tidak bisa masuk sekolah negeri, masih bisa mendaftar ke sekolah swasta yang kualitasnya tak kalah dengan sekolah negeri.


Bahkan tak hanya itu, lanjutnya, bagi calon peserta didik di sekolah swasta mereka pun tetap bisa mendapatkan beragam fasilitas atau program pendidikan yang disediakan pemerintah.


"Misalnya berbagai beasiswa, dan bantuan siswa lainnya dari pemerintah. Jadi sekolah di sekolah negeri atau pun swasta sama saja tidak dibeda-bedakan," ungkapnya.


Sementara itu, untuk PPDB Tahap I di Cabang Dinas Wilayah X Jabar, meliputi Kota dan Kab Cirebon serta Kuningan bisa dilihat pada Statistik PPDB Jawa Barat 2022.


Pertama di Cirebon, pada tahap I lalu total pendaftar tercatat sebanyak 12.119 orang. Dari jumlah tersebut total yang diterima yakni 6023 orang.


Kemudian mereka yang melakukan daftar ulang sebanyak 5755 orang dari kuota 7561 kursi.


Berikutnya yang kedua di Kuningan dengan jumlah pendaftar 9446 orang. Total yang diterima pada tahap I ini tercatat 6495 orang.


Dari jumlah itu, yang melakukan daftar ulang sebanyak 6225 orang dari kuota 7155 kursi.


Terakhir di Kota Cirebon dengan jumlah pendaftar sebanyak 5013 orang. Adapun total yang diterima sejumlah 2743 orang dan yang  daftar ulang tercatat 2617 orang dari kuota 5757 kursi.


Sementara itu, Statistik PPDB tahap II Jawa Barat 2022, dapat disimak berdasarkan Kota/Kabupaten di

Cabang Dinas X.


Untuk Cirebon pendaftaran total 8214 peserta dengan total diterima sebanyak 5062 orang. 


Lalu di Kuningan dengan pendaftaran total 6892 peserta. Adapun total yang diterima adalah 5217 orang. 


Terakhir di Kota Cirebon, pendaftaran total 3263 peserta dengan total diterima 2357 orang. 


"Untuk PPDB SMA dan SMK Tahap II, sebagaimana dijadwalkan telah diumumkan Jumat pekan lalu. Dari situ data statistik lengkapnya baru bisa diketahui," ujarnya.***

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers