Museum Subang Lestarikan Tari Tradisional 2022

Reporterjabar.com - Tari Jaipong merupakan salah satu tari tradisional yang populer di Jawa Barat bahkan Indonesia. Tari Jaipong salah satu indentitas kesenian dari Jawa Barat. Dimana sering dipentaskan dalam berbagai acara penyambutan tamu dari negara asing yang mengunjungi Jawa Barat atau untuk misi-misi kesenian ke luar negeri.

Untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya Tari Jaipongan, puluhan peserta dari berbagai sanggar tari di Jawa Barat, ikut ambil bagian dalam lomba Tari Jaipong yang digagas oleh Kepala Museum Subang, Hendrik Gunawan.

Ketua Pelaksana acara Tari Jaipong, Hendrik Gunawan mengatakan, pihaknya sengaja membuat konsep lomba untuk para pelajar Sekolah Dasar dan SMP se Jawa Barat. Lomba Tari Jaipong ini sendiri tidak dipungut biaya pendaftaran. 

‘’Kegiatan ini sudah kami persiapkan jauh hari sebelumnya, kami ingin memberikan kenyamanan dan tetap berkreasi untuk para pecinta seni budaya tari Jaipongan. Serta memperkenalkan kepada mereka bahwa di Subang terdapat wahana edukasi museum," kata Hendrik Gunawan seperti dilaporkan, Hari Nurdiansyah, Senin (11/7).

Ajang lomba ini sebetulnya sudah direncanakan pada bulan-bulan sebelumnya. Akan tetapi karena Covid-19 melonjak dan aturan PPKM ketat, akhirnya dijadwalkan ulang.

Lomba Tari Jaipong  tingkat Jawa Barat di area Museum Subang ini terbagi dalam 4 kategori dan diikuti  peserta dari Kota Subang, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan sekitarnya.

Salah satu pembimbing Via dari sanggar Arum Sari, Sumedang mengatakan sangat senang anaknya bisa ikut lomba Tari Jaipong tingkat Jawa Barat yang diadakan di Museum Subang ini.

"Berharap di Subang akan ada lagi event seni tradisional agar anak-anak didiknya bisa melestarikan seni Sunda, sekaligus bisa memperkenalkan seni tradisional kepada anak-anak," imbuhnya.




Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers