MPLS Di Sambut Antusias Oleh Para Orang Tua Siswa

Kepala Sekolah SDN Dr. Satiman Engkos S. Pd., MM

Reporterjabar.com - Kegiatan MPLS bukan hanya di tingkat SMP, SMA ataupun SMK, melainkan tingkat SD juga terdapat MPLS. Materi yang diberikan tentunya lebih sederhana, mudah dipahami serta berkesan.

Tujuan MPLS yakni siswa dapat mengenal program, sarana dan prasarana sekolah serta kultur pembelajaran. Dengan adanya MPLS dengan menyampaikan beberapa materi diharapakan peserta didik baru dapat beradaprasi dan mengembangkan potensi diri.

Hari ke tiga masuk sekolah tahun ajaran 2022/2023, menjadi pengalaman berharga bagi setiap peserta didik baru, untuk bertemu dengan guru-guru dan teman-teman yang pertama kali dikenalnya.

Suasana ini seperti tergambar di SDN. Dr. Satiman yang menggelar MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) kepada peserta didik baru hari pertama masuk sekolah, Senin (18/7/2022).

Terkait hari pertama masuk sekolah tersebut, pihak sekolah tidak hanya melibatkan peserta didik baru, namun juga menganjurkan para orangtua untuk menemani anak-anak mereka ke sekolah hingga dapat berkomunikasi dengan para guru.

Sesuai dengan aturan teknis terkait hari pertama masuk sekolah pasca Lebaran di tahun 2015 silam, yang pernah dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Aturan tersebut diatur dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Salah satu aturan teknis ini mewajibkan orangtua mengantar anaknya sekolah di hari perdana.

Kepala SDN Dr. Satiman Engkos SPd. MM  mengatakan disamping untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru, kegiatan ini juga sebagai perkenalan dan ssilaturahmi antara para guru dengan wali murid.

“Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah ini adalah untuk memberi bekal wawasan dan pengalaman kepada peserta didik baru untuk mengenal lebih jauh dimana ia bersekolah, seperti apa kondisi sekolahnya, mengenal guru-gurunya, teman-temannya dan mengenal cara pembelajaran di sekolah ini,” kata Engkos SPd. MM

dikatakannya, kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan secara langsung setelah beberapa tahun ditiadakan lantaran kondisi pandemi Covid-19.

“Karena ada pandemi di seluruh Indonesia, maka pelaksanaannya ditiadakan, cuma dilaksanakan secara daring,”ujarnya.20/7/22

Selain itu, melalui MPLS ini ia berharap para peserta didik baru dapat mengenal lebih jauh sekolahnya, sehingga terbangun suasana keakraban yang baik antara murid, guru dan para wali murid dan hari ini rabu 20/7 MPLS adalah hari terakhir dilaksanakan.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Sekolah, Engkos SPd. MM. Ia menyampaikan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sekolahnya masih tergolong tinggi. Sebab, semua rombel bisa terpenuhi kuotanya.

Ai Fatimah. S.Pd, salah seorang  guru PAI dan BP di SDN Dr. Satiman menyambut baik langkah pihak sekolah melaksanakan kegiatan MPLS, sekaligus mengundang orangtua wali murid mendampingi ke sekolah.

“Kami berharap mereka memiliki ilmu pengetahuan, mempunyai karakter untuk membina diri, membina keluarga dan juga membina bangsa dan negara,” ujarnya.

Adapun kegiatan MPLS yang dilaksanakan selama tiga hari ini, para peserta didik baru dibekali materi-materi yang berkaitan dengan pendidikan berkarakter, pengenalan kurikulum, hingga membangun budaya literasi di keluarga, sekolah, dan masyarakat. 

Ia berharap, melalui Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen kali di tahun ajaran baru ini bisa menumbuhkan bibit-bibit semangat berprestasi dari para siswa.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers