Lomba pagelaran yang di laksanakan UPTD Musium Subang Dalam Rangka Sosialisasi Musium, secara Resmi di tutup Bupati Subang H. Ruhimat

Reporterjabar.com - Festival yang  di selenggarakan sebagai rangkaian Sosialisasi Museum Subang kepada masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap museum. Rangkaian acara pada sosialisasi Museum tersebut diantaranya lomba tari Jaipong tingkat SD-SMP se-Jawa Barat, lomba cerdas cermat tingkat SD-SMP se-Kota Subang dan lomba mewarnai tingkat TK se-Kabupaten Subang.

Hadir dalam acara sosialisasi musium, Bupati Subang H. Ruhimat yang sekaligus melakukan Penutupan Festival Wisma Karya, bertempat di Museum Subang, 25/7/2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang H. Tatang Komara, S.Pd., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan adalah untuk memberitahu kepada khalayak, bahwa saat ini Subang memiliki kebanggaan baru, yakni Museum Subang.

Tatang pun menyampaikan bahwa dengan adanya museum Subang ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat dari awal mula berdirinya Subang hingga saat ini. 

“Yang memiliki minat, keinginan untuk mengetahui peradaban kabupaten Subang yang tidak hanya dilihat pada saat ini, tapi dibangun oleh para pendahulu kita, sehingga Subang bisa seperti tampil hadir seperti saat ini. Untuk mengetahui bagaimana Kabupaten Subang dimulai, lewat Museum ini dapat diperoleh informasi yang lebih lengkap.”ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Acara yang sekaligus Kepala UPTD Musium Subang,  Hendrik Gunawan mengatakan, pihaknya sengaja membuat konsep lomba di adakan di pelataran musium subang ini adalah untuk bisa dilihat oleh umum, dan dalam pelaksanaan Festival ini peserta lomba yang mengikuti tidak dipungut biaya. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan kembali seni dan budaya di Subang agar tidak tergilas oleh seni modern sekaligus memperkenalkan kembali Museum Subang yang sudah dibuka secara resmi untuk umum.

" Kegiatan ini kami persiapkan  selama 2 minggu sebelumnya, bersama dengan Bu Mas Nina Munajah dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang yang sekaligus sebagai koordinator pelaksanaan lomba," kata Hendrik seperti dilaporkan Kontributor.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah dan piala oleh Bupati Subang didampingi Kadisdik Subang, kepada para pemenang lomba tari Jaipongan tingkat SD-SMP se-Jawa Barat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Subang mengapresiasi semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan yang di adakan di Musium Subang, H. Ruhimat juga menyampaikan bahwa museum menjadi salah satu bagian penting dalam perkembangan daerah.

“Museum sebagai produk budaya, harus kita lestarikan dan kita berikan perhatian lebih, Karena sebagai khazanah budaya bangsa sangat penting bagaimana museum ikut terlibat dalam setiap perjalanan perkembangan daerah. Sehingga nanti, para penerus bisa mempertahankan, mengembangkan ataupun memperbaiki keadaan dari setiap sejarah yang terjadi.” ujarnya.

Selain itu, H. Ruhimat berharap museum Subang dapat menjadi tujuan wisata baru dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Subang. 





Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers