LBH Ansor Subang mengadakan diskusi dan audiensi bersama Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Subang

Reporterjabar.com - bertempat di lantai 2 Ruang Ketua Pengadilan Agama Kelas 1 A Subang, tim LBH Ansor Subang diterima oleh Drs. H. Suhardi selaku Ketua Pengadilan Agama Kelas 1 A Subang, yang juga dihadiri oleh A. Fuad Agustani, S.Ag, MH selaku Panitera, Ibu Dra. N. Euis Siti Palahiah selaku Panitera Muda Gugatan dan  Misbah, S.Ag selaku Panitera Permohonan di Kantor Pengadilan Agama Kelas 1 A Subang dalam rangka silaturahmi dan audiensi. 14/7

Audiensi ini dihadiri juga oleh beberapa perwakilan dari Pembina LBH Ansor Subang, salah satunya Dindin Firmansyah, SH yang juga sebagai Kabag Hukum di Pemerintahan daerah Kabupaten Subang.

Pengurus LBH Ansor Subang yang terdiri dari Sadath M. Nur, (Ketua), Mohammad Warlan, SH (Sekretaris), Haidar Mohammad Bagir, SH, Rahmad, S.,Sy (Ketua Bidang Litigasi dan Wakil Bidang Litigasi)  menyampaikan "terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Pengadilan Agama Kelas 1 A Subang yang menyambut dan menerima LBH Ansor Subang dengan baik" ujar Sadath M. Nur.

Audiensi dan silaturahmi ini adalah untuk melakukan pendampingan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat yang tidak mampu yang sedang dalam proses perkara karena banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui hak-hak yang diperoleh saat melakukan proses perkara di pengadilan.

Selain itu, silaturahmi ini juga untuk membangun kerjasama pada bidang bantuan hukum, pelayanan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu untuk mengakses keadilan (acses to justice).

Diskusi yang terjadi cukup hangat, yang hadir juga turut memberikan saran dalam beberapa kasus di Pengadilan Agama Kelas 1 A Subang. Misalnya saja, pasca perceraian atau saat proses berperkara banyak warga yang tidak tahu akan hak-hak yang diperoleh, seperti Nafkah Mut’ah, Hadhonah (hak pengasuhan anak) dan pembagian harta, sehingga perlu adanya pemahaman dan pengetahuan yang komprehensif.

Ketua Pengadilan Agama, juga mengapresiasi kehadiran dan eksistensi LBH Ansor di Kabupaten Subang, terutama dalam hal pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan bantuan hukum, pendampingan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu dan penyuluhan hukum.

“Drs. H. Suhardi, SH, mengapresiasi LBH Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Subang dengan langkah-langkah yang di ambilnya.

LBH Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Subang juga membuka diri untuk bekerjasama dengan segala komponen bangsa guna menjadi katalisator menuju terciptanya masyarakat yang adil, sejahtera dan taat hukum serta selalu bertoleransi tanpa membedakan suku, ras, agama, jenis kelamin (gender), golongan dan latar belakang politik, ekonomi, sosial dan budaya, dengan berpegang teguh pada nilai-nilai ke Islaman Rahmatan Lil Alamin, ke Indonesiaan dan ke NU-an”. 

“Kami berharap Kerjasama LBH Ansor dengan Pengadilan Agama Kelas 1 A, semoga kedepannya dapat dapat berkesinambungan untuk membela kepentingan dan hak-hak masyarakat terutama, bagi masyarakat yang kurang mampu, masyarakat yang lemah dan dilemahkan. Ujar Sadath M Nur.

Semoga kedepannya, dengan adanya audiensi dan silaturahmi, akan terjalin kerjasama dan MOU di Pengadilan Agama Subang Kelas 1 A untuk melakukan pendampingan secara cuma-cuma.ujar Sadath M. Nur. saat di konfirmasi.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers