Antisipasi Libur Idul Adha 1443H Akhir Liburan Sekolah, KAI Daop 3 Cirebon Operasionalkan 5 Kereta Tambahan



Reporterjabar.com - Cirebon, Menjelang Liburan Idul Adha 1443H dan berakhirnya Liburan Sekolah, diprediksi kondisi jumlah penumpang KA akan mengalami peningkatan. Tercatat selama Bulan Juni 2022 yang lalu, jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mencapai 99.300 penumpang/bulan. Dalam rangka mengantisipasi  lonjakan animo masyarakat tersebut,  PT KAI Daop 3 Cirebon akan mengoperasikan 5 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Gambir (Jakarta). Total pada periode 1 - 11 Juli 2022, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat perjalanan KA Jarak Jauh dengan jumlah rata – rata per harinya sebanyak 103 KA, berdasarkan arah tujuan terdiri dari 52 KA ke arah Timur (Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Jember, Purwokerto) dan 51 KA ke arah Barat (Jakarta dan Bandung).

Adapun perjalanan 103 KA jarak jauh tersebut, berdasarkan asal keberangkatan terbagi menjadi  6 KA pemberangkatan awal dari Daop 3 Cirebon (5 KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Jakarta dan 1 KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya – Jember) dan 97 KA merupakan pemberangkatan dari  wilayah Daop yang lainnya seperti Jakarta, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung. 


Kelima perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Gambir tersebut diantaranya :


1.    KA 17A , berangkat Stasiun Cirebon jam 05:00 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 08:05 WIB.


2.    KA 29A , berangkat Stasiun Cirebon jam 06:05 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 09:14 WIB.


3.    KA 23F, berangkat Stasiun Cirebon jam 13:45 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 16:55 WIB.


4.    KA 25, berangkat Stasiun Cirebon jam 16:05 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 19:15 WIB.


5.     KA 31A, berangkat Stasiun Cirebon jam 20:15 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 23:23 WIB


“Kondisi jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada saat ini hingga nanti  menjelang Senin, 11 Juli 2022, terus mengalami kepadatan yang  cukup signifikan. Kita prediksi kepadatan ini terjadi seiring adanya pertemuan 2 moment liburan yaitu Libur menjelang Hari Raya Idul Adha dan berakhirnya Liburan anak sekolah. Kita selalu menghimbau kepada para penumpang KA agar selalu mematuhi Protokol kesehatan yang telah ditentukan. Dimana persyaratan untuk naik kereta api yang harus dipenuhi oleh calon penumpang masih menggunakan peraturan dalam Surat Edaran Kemenhub No: 57 tahun 2022,” Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.


Sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19, tanggal 18 Mei 2022, Pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin kedua dan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen pada saat proses boarding. Peraturan ini berlaku sejak mulai tanggal 18 Mei 2022, sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian, dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan.


Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh sesuai SE Kemenhub Nomor 57 Tahun 2022, yaitu :


a) Vaksin Kedua dan Ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.


b) Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes Rapid Antigen yang berlaku 1 x 24 jam, atau tes RT-PCR yang berlaku 3x24 jam.


c) Bagi yang belum divaksin dengan alasan medis, wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes Rapid antigen yang berlaku 1 x 24 jam atau tes RT-PCR yang berlaku 3x24 jam.


d)  Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

 

Suprapto menegaskan, bagi Pelanggan yang akan menggunakan jasa layanan KA dalam masa libur menjelang Hari Raya Idul Adha 1443H dan berakhirnya liburan anak sekolah ini, agar  melengkapi persyaratan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Apabila tidak melengkapi persyaratannya, maka akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

 

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

 

Pelanggan wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer. Pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

 

Pelanggan harus menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut. Pelanggan juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.

 

Selain itu, PT KAI Daop 3 Cirebon masih menyediakan 5 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp35.000 yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Jatibarang, 

Untuk informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19 serta layanan Antigen dan Vaksinasi, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

 

“PT KAI Daop 3 Cirebon akan selalu memastikan agar seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini bertujuan guna mewujudkan transportasi kereta api yang aman, nyaman, sehat dan lancar. Selamat menikmati liburannya,  dan jangan lupa agar selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan,” tutup Suprapto.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers