Pentingnya Olah Raga dalam Kehidupan Agar Sehat dan Bugar


 sehat adalah kebutuhan dasar bagi setiap aktivitas kehidupan, kesehatan harus selalu dipelihara dan ditingkatkan. Cara termurah untuk memelihara kesehatan melalui olahraga. Pembinaan mutu sumber daya manusia mengacu kepada konsep Sejahtera Paripurna yaitu konsep Sehat Organisasi Dunia (WHO) yang mengemukakan bahwa sehat adalah : sejahtera jasmani, rohani dan sosial, dan bukan hanya terbebas dari penyakit, cacat ataupun kelemahan. 

Pada dasarnya tujuan pembinaan dan pemeliharaan kesehatan adalah memelihara dan meningkatkan kemandirian dalam peri kehidupan bio-psiko-sosiologisnya, yaitu secara biologis menjadi (lebih) mampu menjalani kehidupan pribadinya secara mandiri, tidak tergantung pada bantuan orang lain.

Kegiatan olahraga senam yang di usung oleh komunitas yang menamakan dirinya CALAWAK ini mengusung tema masyarakat sadar olahraga, yang mana tujuan utama nya yaitu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan olahraga.

 pada kegiatan ini masyarakat akan di edukasi tentang bagaimana peran penting olahraga terhadap kesehatan, bagai mana cara mengatur program latihan personal untuk menjaga kesehatan masing-masing individu, dan juga akan di sampaikan bentuk bentuk olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan bagi masyarakat.

"Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang setelah olahraga. gerak raga yang teratur dan terencana untuk menjaga gerak,Olahraga adalah kesibukan yang benar-benar penting untuk menjaga kesehatan seorang".ujar kang Ojos kepada kontributor.

Olahraga juga adalah satu di antara cara utama untuk mengurangi stres,Olahraga juga adalah satu tindakan aktif yang menggiatkan metabolisme serta memengaruhi manfaat sistem didalam badan untuk menghasilkan sistem kekebalan badan dalam usaha menjaga badan dari masalah penyakit dan stres.

Tiada hidup tanpa gerak dan apa guna hidup bila tak mampu bergerak.Memelihara gerak adalah mempertahankan hidup, meningkatkan kemampuan adalah meningkatkan kualitas hidup. Semakin sering kita melakukan olahraga, maka akan semakin sehat pula tubuh kita. Selain itu juga dapat membuat tubuh kita tidak mudah terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.Tapi karena kesibukandan rasa malas membuat olahraga lebih sering terabaikan dan bahkan terlupakan.


Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers