Cirebon Power Raih PDB Award 2022



Reporterjabar.com - Jakarta, Program pemberdayaan masyarakat yang  digagas Cirebon Power kembali mendapat apresiasi. Kali ini, Cirebon Power meraih penghargaan Kategori Perak, dalam ajang CSR dan Pembangunan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2022. 

Penyelenggara Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan bobot nilai 81,87 untuk program pemberdayaan desa pesisir melalui Kelompok Nelayan Jelombang Selar di Desa Kanci Kulon, Kabupaten Cirebon.

Presiden Direktur Cirebon Power Hishiro Takeuchi mengatakan, perusahaan berkomitmen tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar melalui program-program pemberdayaan yang berkelanjutan. Melalui pengembangan BUMDes dan program lainnya, perusahaan berharap bisa ikut berkontribusi untuk percepatan pembangunan desa dalam pencapaian SDGs Desa.

"Penghargaan ini jadi pemicu motivasi dan implementasi kegiatan pemberdayaan yang lebih baik lagi ke depan. Perbaikan terus menerus adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan hasil kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat," kata Takeuchi usai menerima penghargaan, Kamis (30/6/2022).

Takeuchi mengatakan, pemberdayaan masyarakat pesisir dan nelayan amat penting. Nelayan membutuhkan dukungan dan pembinaan dalam upaya meningkatkan perekonomian mereka. Dia berharap akan semakin banyak pihak yang memperhatikan nasib nelayan di Cirebon. Kolaborasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan akan memudahkan pelaksanaan program.

"Nelayan adalah keluarga terdekat kami. Maka, kami berkomitmen untuk terus mendukung semangat mereka melalui berbagai program pemberdayaan. Butuh kerja sama yang baik semua pihak agar program efektif dan bisa berdampak pada masyarakat," ujar Takeuchi.

Penyerahan penghargaan ini di Jakarta, dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin,  dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Sebanyak 64 perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) dan badan usaha milik swasta (BUMS) menerima penghargaan di ajang perdana ini.

Ma'ruf Amin mengatakan pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menumbuhkan motivasi BUMN dan BUMS untuk mendukung pengembangan BUMDes melalui program pemberdayaan. “Diharapkan dapat mengembangkan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa,” kata Ma'ruf.

Penyelenggaraan award ini memiliki empat kriteria penilaian untuk badan usaha, yaitu memiliki indikator perencanaan program, pelaksanaan secara umum terdapat fasilitasi program, monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara rutin dan dampak dari program. Seperti adanya penambahan jumlah unit usaha BUMDes, ada perubahan yang lebih baik, berkontribusi terhadap daerah, peningkatan jumlah tenaga kerja, berkontribusi terhadap kegiatan sosial budaya masyarakat, serta berkontribusi bagi pelestarian lingkungan.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers