Daop 3 Cirebon Sediakan “Layanan Connecting Train”



Reporterjanar.com - Cirebon, Meningkatnya animo masyarakat di masa angkutan Lebaran 2022 dalam menggunakan jasa layanan transportasi Kereta Api, bisa terlihat dari meningkatnya angka okupansi (keterisian tempat duduk) 111 KA yang beroperasi melintas di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon. Pada masa angkutan arus Mudik (Pra Lebaran), KA – KA bernomor Genap (dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah/Jawa Timur) pada tanggal 22 April sampai 1 Mei 2022 (H-10 sampai H-1) sudah mencapai 96 %. Sementara untuk Arus Balik (Pasca Lebaran), KA – KA bernomor Ganjil (dari arah Jawa Timur/Jawa Tengah menuju Jakarta) pada tanggal 4 sampai 10 Mei 2022 (H+1 sampai H+7), okupansinya sudah mencapai 99%.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket pada hari – hari favorit tersebut, PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan “Layanan Connecting Train”. Sebagai contoh layanan Connection Train tersebut adalah bagi masyarakat yang dari Jember/Surabaya/Solo/ Yogyakarta/Purwokerto yang akan menuju Jakarta, bisa memanfaatkan inter connection antara KA Ranggajati (KA 111) dengan KA Argo Cheribon (KA 31A). Dimana KA Ranggajati berangkat dari Jember jam 05:10, atau dari Stasiun Surabaya Gubeng berangkat 09:22 WIB, atau berangkat dari Yogyakarta jam 14:10 WIB, kemudian KA Ranggajati akan tiba di Stasiun Cirebon pada jam 19:33 WIB. Selanjutnya, penumpang dapat meneruskan ke Jakarta dengan menggunakan KA Argo Cheribon (KA 31 A) yang berangkat dari Stasiun Cirebon jam 20:15 Wib dan tiba di Stasiun Gambir Jam 23:23 Wib.

Contoh lain dari Connection Train di wilayah PT Daop 3 Cirebon adalah bagi masyarakat dari arah Jakarta yang akan menuju Purwokerto / Yogyakarta / Madiun/ Surabaya / Jember. Masyarakat bisa menggunakan KA Argo Cheribon (KA 32A) yang berangkat dari Stasiun Gambir Jam 23:55 WIB, dan akan tiba di Stasiun Cirebon jam 02:55 WIB. Selanjutnya, penumpang bisa meneruskan ke arah Purwokerto/Yogyakarta/Solo/Madiun/ Surabaya/Jember dengan menggunakan KA Ranggajati yang berangkat dari Stasiun Cirebon jam 06:15 WIB. KA Ranggajati akan tiba di Stasiun Purwokerto jam 08:32 WIB, tiba di Stasiun Yogyakarta jam 11:10 WIB, tiba di Stasiun Solo Balapan Jam 12:04 WIB, tiba di Stasiun Surabaya Gubeng jam 15:57 WIB dan tiba di Stasiun Jember jam 20:08 WIB.

“Dengan tingginya okupansi KA pada hari – hari favorit, baik pada masa Pra Lebaran maupun Pasca Lebaran, kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin mendapatkan layanan transportasi kereta api guna terhindar dari kemacetan jalan raya, bisa memanfaatkan Layanan Connecting Train tersebut. Layanan ini telah tersedia di aplikasi KAI Access,” Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

PT KAI Daop 3 Cirebon selalu berpesan kepada pelanggan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, PT KAI Daop 3 Cirebon secara konsisten selalu menegakkan protokol kesehatan, sesuai aturan dari pemerintah untuk menjadikan perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api yang aman, lancar, nyaman, dan sehat.(**)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers