Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Cingambul Pantau Kandang Hewan Ternak Sapi


Majalengka - Bhabinkamtibmas Polsek Cingambul Polres Majalengka Bripda Deri melakukan pemantauan Ke Kandang hewan ternak sapi milik warga di Desa Kondang Mekar Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan Pemantauan dan monitoring adanya wabah penyakit menular yang menyerang hewan ternak sapi yang lagi merebak saat ini, jenis penyakitnya adalah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

Terkait dengan adanya kejadian wabah penyakit menular akut pada hewan ternak sapi yaitu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang melanda , untuk sementara di wilayah Kecamatan Cingambul masih belum ada,”tutur Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Cingambul IPTU Entis Sutisman.

Ia juga menjelaskan bahwa wabah penyakit menular akut pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Cingambul tergolong masih relatif aman dan tidak ada penyakit virus yang menyerang hewan ternak sapi tersebut,”terangnya.

Dari hasil pantauan bahwa penyakit menular yang menyerang hewan ternak sapi dengan sebutan PMK ” Penyakit mulut dan Kuku ” dimana gejala hewan ternak sapi yang terkena virus menular tersebut dengan ciri-ciri Suhu badan Sapi panas,Mulut mengalami luka seperti sariawan, sapi terus menerus mengeluarkan air liur. 

“Jika menjumpai adanya hewan ternak sapi dengan gejala seperti itu cara pencegahannya adalah agar dilakukan pemeriksaan sapi berlanjut ke Dinas Peternakan Hewan”ujarnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers