Daop 3 Cirebon Kerahkan 225 Personil Keamanan Selama Bulan Ramadhan 1443 H



Reporterjabar.com - Cirebon, Hari ini, Jumat, 1 April 2022, dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan perjalanan KA di Bulan Ramadhan 1443 H, PT KAI Daop 3 Cirebon menggelar Acara Apel Kesiapan di Halaman Parkir Stasiun Cirebon Kejaksan. 

Selama masa Bulan Ramadhan 1434 H ini, PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyiapkan 225 petugas keamanannya, terdiri dari 119 petugas Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) dan 106 petugas Security. Para petugas keamanan tersebut selanjutnya disebar di area stasiun, jalur rel maupun di dalam kereta api untuk menjamin rasa aman bagi para pengguna jasa layanan KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon.

“Guna meninjau kesiapan para personil keamanan PT KAI Daop 3 Cirebon dalam melaksanakan tugas untuk menjamin rasa aman bagi para penumpang KA, baik ketika berada di stasiun maupun ketika di dalam kereta api, PT KAI Daop 3 Cirebon menggelar apel upacara kesiapan pasukan keamanan di Halaman Parkir Stasiun Cirebon. Pada kesempatan ini, PT KAI Daop 3 Cirebon berkolaborasi bersama pihak Kepolisian dari Polres Cirebon Kota, berkomitmen untuk selalu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi para pengguna jasa KA di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, “ kata Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Jumat (1/04/2022).

Selain menggelar acara apel Kesiapan bersama unsur Kepolisian, PT KAI Daop 3 Cirebon juga telah berkolaborasi dengan pihak TNI dalam menjamin keamanan objek vital jalur rel KA jelang Bulan Ramadhan 1434H, melalui kegiatan pengecekan menggunakan Kendaraan Lori. 

"Salah contoh kegiatan cek lintas dari Stasiun Cirebon hingga Stasiun Ciledug, bersama Dandim 0614 Cirebon Kota, Letkol Inf Andi Hasbullah, pada tanggal 24 Maret 2022 yang lalu," imbuhnya.

Untuk menyelenggarakan Angkutan Lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, PT KAI Daop 3 Cirebon akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer. Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. 

"PT KAI Daop 3 Cirebon secara konsisten, akan terus mengingatkan pelanggan agar menerapkan protokol kesehatan, sehingga kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik. KAI secara nasional telah menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 s.d H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022," tuturnya.

Pihaknya menghimbau, kepada masyarakat agar selalu mengikuti perkembangan terkait persyaratan protokol kesehatan menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran dari pemerintah. 

"Saat ini PT KAI Daop 3 Cirebon masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers