Terkait Dualisme Dekopin Pusat, Bupati Subang intruksikan jalan terbaik

Reporterjabar.com, Subang - Terkait dualisme kepemimpinan Dekopin pusat, Bupati Subang, H. Ruhimat meminta supaya ada jalan terbaik untuk kemajuan Dekopinda Kabupaten Subang. Mengharapkan penyelesaianl masalah dengan tenang dan lebih memilih kedamaian. Namun, untuk memberikan arahan, dirinya meminta waktu untuk mengambil keputusan, terlebih Dekopinda adalah sebuah lembaga yang tidak dapat diintervensi oleh Pemerintah Daerah. Namun, Bupati Subang memahami bahwa walau bagaimanapun, legalitas Dekopinda yang paling kuat berada di Dekopinda yang dipimpin oleh Kang Boing yang sudah disahkan oleh Dekopinwil. 

Untuk itu, Kang Jimat menginstruksikan Kepala dinas KUPP untuk dapat mengkaji dan mencari solusi terkait persoalan ini sehingga semua damai.
Kang Jimat pun mengajak jajaran Dekopinda untuk bersama-sama melangkah untuk memajukan subang menuju lebih baik.
"Ayo kita sama sama dalam rangka untuk memperbaiki tupoksi masing masing, untuk hari ini dan esok subang lebih baik lagi, tentunya untuk rakyat. Hayu bergandengan tangan dengan pemerintah daerah," ujarnya saat menerima kunjungan jajaran pengurus Dekopinda Subang, di kediaman Pribadi, Jumat (4/3/22)

Pertemuan ini dalam rangka konsultasi dan konsolidasi terkait permasalahan yang terjadi di Dekopinda, dimana saat ini Dekopin Pusat sendiri mengalami dualisme kepemimpinan.

Kadis KUPP Dr. Drs. H. Yayat Sudrajat, MM., M.Si menyampaikan bahwa Dekopinda merupakan lembaga tunggal yang tidak dapat diintervensi. Namun, saat ini Dekopin Pusat mengalami dualisme, yaitu kubu Nurdin Halid dan Sri Untari.

Yayat menyampaikan saat ini sengketa secara hukum dimenangkan oleh Dekopin yang dipimpin oleh Sri Untari berdasarkan Mahkamah Agung. 

Ketua Dekopinda Subang Ir. Boing Zakaria menyampaikan bahwa permasalahan ini telah berlangsung hampir 1,5 tahun. Namun, dirinya menginginkan adanya kedamaian, dan tidak menimbulkan kegaduhan yang dapat membuat permasalahan baru, sehingga dirinya ingin melakukan pergerakan yang halus, karena untuk permasalahan ini tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah, karena tujuannya adalah kemenangan bagi gerakan koperasi.

Untuk itu, pada kesempatan tersebut dirinya memohon arahan dari Kang Jimat, juga untuk dapat memberikan legal standing dari daerah, terlebih saat ini Dekopinda yang dipimpinnya memiliki legalitas yang kuat karena telah disahkan oleh Dekopinwil Jawa Barat. 

Turut hadir pada pertemuan tersebut Asisten Daerah Bidang Perekonomian & Pembangunan, Kabag Prokompim serta jajaran Dekopinda.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers