Spotdirga Melaksanakan Training Of Trainer Potensi Dirgantara Di Lanud Manuhua

 

Reporterjabar.com - Pen Mna (BIAK)- Tim Spotdirga TNI Angkatan Udara melaksanakan kegiatan Pelatihan Untuk Pelatih (Training Of Trainer) Potensi Dirgantara di Lanud Manuhua, yang dilaksanakan di ruang serbaguna Sutarjono Lanud Manuhua, Biak. Senin (21/3/2022).

Kegiatan Training Of Trainer Potensi Dirgantara ini diikuti oleh 44 personel dari Koopsud III, Lanud Manuhua, Kosek III Biak, Satrad 242 Tanjung Warari dan dari Yonko 468 Kopasgat Biak dengan tetap melaksanakan protocol Kesehatan yang berlaku.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr (Han), yang disampaikan oleh Kadispotdirga Lanud Manuhua Letkol Pom Kabul Suryanto Hendro menyampaikan bahwa perkembangan drone saat ini sudah semakin maju dan telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tidak hanya sekadar hobi, drone juga dimanfaatkan untuk kepentingan videografi, memonitoring tata ruang kota, identifikasi perubahan lingkungan, konstruksi bangunan, industri, pemetaan perikanan, lahan, kehutanan, tata ruang, hingga pemetaan batas wilayah administrasi.

“Oleh sebab itu, peningkatan kemampuan dan pengetahuan bagi para Remote Pilot ini harus terus diasah dan dikembangkan untuk mewujudkan dunia kedirgantaraan drone yang aman dan bertanggungjawab” jelas Komandan. 

Komandan juga menyampaikan bahwa kita semua bisa bersyukur karena TNI Angkatan Udara melalui Spotdirga dapat mewadahi pengembangan tersebut melalui sistem pembinaan yang baik bagi para remote pilot dengan mengadakan pelatihan atau Training Of Trainer (TOT) drone seperti yang kita ikuti saat ini.

“Harapan kami kedepannya para peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan dan keahliannya dengan tetap mengacu pada aturan main atau regulasi yang berlaku” harapnya.

Pada kesempatan itu juga Aspotdirga Kasau Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHRMP., yang disampaikan oleh Pabandyabinlat Paban II/ Puanpotdirga Spotdirga Letkol Lek Susilo Hermawan, S.T., menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Untuk Pelatih ( Training Of Trainer) Potensi Dirgantara ini adalahmerupakan salah satu sarana guna meningkatkan kualitas personel pembina potensi dirgantara yang diharapkan mampu mewujudkan jumlah tenaga manusia yang berkualitas sesuai dengan perkembangan organisasi dan alut sista, serta terwujudnya pengembangan sistem pembinaan tenaga manusia yang mampu mengarah pada kesiapan tenaga manusia  secara tepat kuantitas, tepat kualitas, tepat waktu dan tepat guna sesuai kebutuhan organisasi

“ maka dengan kegiatan Training Of Trainer ini agar menjadi sarana komunikasi, bertukar pikiran dan saling memberikan masukan baik antara satuan maupun dengan Spotdirga selaku eselon pembantu pimpinan di tingkat Mabesau yang berkedudukan langsung di bawah kepala Staf Angkatan Udara” jelasnya

“oleh karena itu saya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik mungkin sehingga apa yang disampaikan oleh nara sumber dapat diserap dengan baik, sebagai bekal untuk memudahkan para peserta nantinya dalam pelaksanaan pembinaan potensi dirgantara disatuan masing-masing” pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers