Program Penanaman satu juta pohon di Desa Cisaat kolaborasi Bupati Subang dan Pemuda Desa Cisaat Kecamatan Ciater Subang

 

Reporterjabar.com - Bupati Subang terus menggalakan penanaman pohon hanjuang merah dan pohon Kidamar hingga ke desa-desa. Sabtu, (12/3/2022)

kembali dilakukan penanaman satu juta pohon hanjuang dan pohon kidamar disepanjang jalan tugu papais Desa Cisaat Kecamatan Ciater Subang.

Penanaman pohon tersebut di hadiri langsung oleh Bupati Subang, yang berkolaborasi dengan GRPP, kampung bonsai koleberes ( PBC), Bikers silih asuh ( BSA) BB 1% Cp. Subang yang di wakili oleh Kang Ateng Budiman dan pemuda desa Cisaat dalam rangka  “bangun Program Kampung Iklim (PROKLIM) Kabupaten Subang.

Terkait upaya menggalakan kebersihan dan penanaman pohon, telah dilakukan dari tanggal 10 Januari 2022, dalam momentum gerakan penanaman sejuta pohon yang diresmikan Kang Jimat di Lahan eks TPA Panembong.

pihaknya terus menyelenggarakan road show di beberapa lokasi untuk kegiatan penanaman pohon. Untuk kegiatan kali ini, Kampung bonsai koleberes (PBC)  menyumbang pohon kidamar sebanyak 5000 pohon dan 5000 pohon hanjuang merah.  Melalui kegiatan ini H. Ruhimat sebagai Bupati Subang berharap dapat memberikan manfaat kedepannya.

“Kegiatan ini adalah bakti dan kecintaan kami terhadap program jawara, khususnya jawara Riksa, kami terus roadshow ke tiap kecamatan dan desa, dengan modal kita gotong royong”, Ungkapnya.



Kang Jimat menyampaikan program sejuta pohon yang pernah dirinya resmikan hingga saat ini masih berlanjut dari desa ke desa, serta diharapkan gerakan menanam pohon dapat terlaksana tidak hanya saat itu saja, akan tetapi di masa yang akan datang. 

kang jimat menuturkan “Apresiasi kepada seluruh warga Cisaat dimana kita berbuat baik untuk kita wariskan kepada anak cucu kita. Uyah mah moal nitis kaluhur. Saya optimistis tetap bakal neruskeun kahadean”

Kang jimat menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu langkah mewujudkan Subang jaya istimewa dan sejahtera. Terkait tema hari sampah nasional, Kang jimat menginginkan seluruh warga masyarakat Subang dapat lebih peduli dan tidak membuang sampah sembarangan. Kang jimat menitipkan agar para pemuda khusus nya di Kecamatan Ciater Subang dapat mengelola dan melestarikan lingkungan.

Menurut  Kang Jimat, alasan Pemkab Subang memilih tanaman Hanjuang di tanam di pinggir pinggir jalan dan ditempat lainnya karena dari segi kualitas dan warna daunnya menarik, pohonnya mudah tumbuh. Tanaman hanjuang bisa mudah tumbuh diiklim apapun, dan sifatnya menyejukan.

Selain itu, lanjut Kang Jimat menerangkan konon katanya tanaman Hanjuang ini bisa digunakan untuk pengobatan, dari daun, bunga, akar dan seluruh bagian tanaman.

 

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers