PKM Unsika Gandeng Guru Bahasa Inggris Berbagi Tentang TMTBLT


Pembelajaran daring menuntut dan menantang kreatifitas guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Bagaimanapun hal ini masih menjadi masalah bagi guru tentang desain pembelajaran yang membekali siswa dengan maksimal saat pembelajaran daring. Oleh karena itu tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)-Reza, Elih, dan Hilmansyah menginisiasi untuk berbagai desain yang memungkinkan membantu guru dalam pembelajaran daring. Tim PkM ini dalam rangka mengimplementasikan Program Hibah Penelitian Pemula (HIPLA) 2021. 

    PkM ini melibatkan perwakilan guru bahasa Inggris baik ditingkat SMP, SMA maupun SMK. PkM berbagi tentang Technology-mediated-Task-Based Language Teaching (TMTBLT). Technology Mediated Task-Based Language Teaching ini yang bertujuan untuk membekali guru dalam merancang pembelajaran berbasis pada kegiatan yang bermakna melalui TBLT, membantu guru-guru mampu memahami, menyusun dan mengimplementasikan pengajaran bahasa Inggris berbasis pada kegiatan yang bermakna melalui TBLT dan di mediasi oleh teknologi di dalam pengajaran Bahasa Inggris di kelas.

Setelah mengikuti dua kali sesi workshop via daring kemudia satu kali bertemu secara tatap muka. Dalam kegiatan PkM ini guru-guru berbagi pengalaman mereka dalam mengajar dan mempraktikan TMTBLT. Kegiatan ini dibantu oleh tiga mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, dengan tujuan agar mahasiswa dapat belajar dan mendapatkan banyak ilmu serta mendapatkan pengalaman yang berharga. Selain itu, mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar baik bagi lingkungan sekitar. (rls) 

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers