Kecamatan Cisalak diterjang banjir dan longsor minggu malam

 

Reporterjabar.com - Cisalak Subang - Warga di Kampung gardusayang rt. 3 rw.2, Kecamatan Cisalak Kota Subang terdampak banjir pada Minggu (13/03/2022) Banjir sudah melanda sejak semalam dan mulai berangsur surut sejak pagi tadi sekira pukul 01.00 WIB, dan pagi ini sebagian warga sudah mulai bersih-bersih rumah di bantu oleh pihak BPBD subang yang di pimpin langsung Kadis BPBD " udin" beserta jajarannya.

Banjir yang melanda kawasanya ini, disebabkan luapan dari sungai yang berada di dekat pemukiman warga,

sungai ini merupakan daerah aliran sungai (DAS) cikaruncang dan cileat yang diakibatkan curah hujan yang tinggi.

hujan yang mengguyur kota subang sejak pukul 17.00 wib sangat deras hingga Debit air meningkat dan mengakibat banjir.

Mayoritas warga tidak memprediksi air akan datang begitu cepat hingga menggenangi pemukiman warga.

"Jadi gak ada yang memperkirakan, dari semalam mulai banjir," beber azis salahsatu warga yang terdampak banjir.

Sebelumnya,ketinggian air di permukiman warga mencapai 1 meter. Pengamatan saat ini meski banjir melanda, sebagian warga memilih bertahan di rumah masing-masing. Mereka tidak meninggalkan karena banjir saat ini sudah berangsur surut.

Pantauan di lokasi sebagian warga sudah melakukan bersih-bersih di bantu oleh pihak BPBD Kabupaten Subang, Babinsa Cisalak, dan Camat cisalak Pak. Eza.  Namun di beberapa wilayah yang terendam saat ini sudah mulai surut kurang lebih 20 Cm masih menggenangi jalan utama perumahan tersebut.

Camat Cisalak mengungkapkan " banjir yang terjadi kali ini diakibatkan curah hujan yang extrim di tambah dengan volume debit air sungai yang bertambah, kerusakan terjadi di beberapa titik seperti longsor yang berada di wilayah gardusayang tepatnya di turunan samoga, dan di daerah sukakerti kecamatan Cisalak.


beruntung dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, dan hanya mengalami kerugian materi yang di perkirakan 80 juta rupiah.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers