Jaga kebersihan dan perindah lingkungan dengan Hanjuang Merah

Reporterjabar.com, Subang - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Subang di Kecamatan Cipunagara nampak sibuk melakukan aksi kebersihan disertai penanaman ponhon hanjuang merah di lokasi strategis. Menurut Camat Cipunagara, Ganjar Taufiq, S.IP beserta jajaran dan kepala desa dan masyarakat melaksanakan kerja bakti/gotong royong pembersihan sampah dan pemotongan rumput di sepanjang jalan kabupaten jalan raya Cipunagara yang dilaksanakan dari Desa Jati - Tanjung dan jalan Sidamulya - Sidajaya.

Kata Ganjar kegiatan ini untuk menumbuhkan kembali jiwa gotong royong masyarakat yang mulai hilang. Selain itu dilakukan penanaman pohon hanjuang merah sesuai Surat Edaran Bupati Subang Nomor LH 01/328/DLH/2022 tentang Pengolahan Sampah Secara Mandiri dan arahan Bupati Subang terkait penanaman pohon hanjuang merah di lingkungan Kantor dan sekitar jalan protokol yaitu jalan pusat, provinsi, kabupaten.
"Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan kembali jiwa gotong royong masyarakat yang mulai hilang. Selain itu dilakukan penanaman pohon hanjuang merah
en dan jalan desa," tuturnya ditengah kegiatan di Cipunagara, Kamis (3/3/22).

Selanjutnya kata Ganjar kegiatan ini diikuti juga daerah lain dengan melibatkan kepala desa, Kepala Sekolah SMA/SMK/sederajat, SMP/MTs/Sederajat SD/MI/Sederajat, Pimpinan Instansi/Lembaga/Perusahaan di wilayah Kecamatan Cipunagara, dengan melakukan penanganan dan pengurangan sampah di wilayahnya masing-masing dengan menerapkan pengelolaan berbasis 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), pemilahan sampah organik dan anorganik.

Kegiatan hari ini Camat Cipunagara, Ganjar Taufiq, S.IP beserta jajaran dan kepala desa dan masyarakat melaksanakan kerja bakti/gotong royong pembersihan sampah dan pemotongan rumput di sepanjang jalan.

Selain itu dilakukan penanaman pohon hanjuang merah serta menentukan Bank sampah dan kegiatan sejenis lainnya. Sekaligus nampak membersihkan sekitar jalan dari rumput-rumput yang mulai tumbuh serta ditanami hanjuang merah.

Penanaman hanjuang merah untuk memperindah lingkungan sekitar.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers