Bupati Subang isi Akhir Pekan dengan Tanam Sejuta Pohon


Bupati Subang, H. Ruhimat atau biasa dipanggil Kang jimat, Sabtu pagi mengisi akhir pekannya dengan melaksanakan penanaman pohon di Jalancagak dan Ciater dalam rangka gerakan penanaman sejuta pohon tahun 2022 di Kabupaten Subang, Sabtu 12 Maret 2022.

Kegiatan penanaman pohon keras dan hias tersebut dilaksanakan di kanan kiri jalan sepanjang lingkar Jalan Cagak menuju arah perbatasan Subang dengan Kabupaten Bandung Barat. Sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan secara bergotong royong oleh para warga dan kades se-kecamatan Jalancagak dan kecamatan Ciater.

Kepala Dinas lingkungan hidup H.Hidayat dalam sambutannya mendukung program penanaman pohon, pihaknya mendapatkan bantuan 1000 pohon mahoni dari CDKW II Dishut propinsi, 200 pohon damar sumbangan dari PT.GRPP, dan ribuan  Hanjuang merah bantuan dari warga desa sekecamatan jalancagak dan kecamatan ciater

Kang Jimat di lokasi lingkar Jalan Cagak, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Subang, H. Hidayat, Camat Jalancagak, dan kepala Desa Jalancagak secara simbolis menanam pohon sebagai tanda dimulainya kegiatan penanaman pohon. Warga masyarakatpun secara bersama sama menancapkan pohon Hanjuang di titik titik yang telah ditentukan. 

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup, camat, kepala desa dan kader desa, yang telah berupaya mengimplementasikan penanaman pohon untuk Subang lebih baik dalam memelihara lingkungan hidup. 

Kang Jimat menyampaikan bahwa dirinya teringat pada tahun 70-an, ketika itu Gubernur Jabar,  Solihin GP menginisiasi program Ragantang atau "Gerakan Gandrung Tatangkalan" yang menghimbau warga untuk menanam pohon Kaliandra. kegiatan yang saat ini dilakukan-pun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk penghijauan dan kelestarian lingkungan hidup. 

Kang jimat mengucapkan terimakasih dan mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, "terimakasih, apa yang saya inginkan, langsung di respons jajaran pemerintahan desa". 

Kang Jimat pun mengajak warga masyarakat selain menanam tanaman keras, juga menanam  tanaman hias yaitu Hanjuang merah.

"Kenapa dipilih Hanjuang merah, dari kasat mata saja dulu, Hanjuang yang berwarna merah jika disekitarnya berwarna hijau, maka  akan lebih sedap dipandang mata, demikian pula (perawatannya) mudah dan murah"

Kang Jimat mengatakan orang tua perlu mewariskan kepedulian kepada lingkungan, karena jika orangtua memiliki kepedulian terhadap lingkungan, maka anak-anak pun akan terbiasa peduli terhadap lingkungan "nganuhunkeun pisan. Kukituna yuk, urang babarengan urang jaga lingkungan, mudah mudahan keseimbangan kestabilan lingkungan bisa tetap dipertahankan"

Kang Jimat menginstruksikan agar di setiap jalan desa dan jalan kabupaten pun dapat di tanam tanaman keras dan tanaman hias. Selanjutnya Kang Jimat bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup, dengan mengendarai bak terbuka melakukan peninjauan di sepanjang jalan dan menyapa warga masyarakat yang bergotong royong menanam pohon. 

Di Masjid Baitul Ihsan Desa Cisaat, Kang Jimat berhenti sejenak untuk melakukan penanaman pohon Kidamar di lingkungan areal masjid. 

Peninjauan dilanjutkan Kang Jimat hingga di perbatasan Subang dengan Bandung Barat, di depan objek wisata De'Ranch Kang Jimat menanam pohon Hanjuang Merah. Kang Jimat menyampaikan terimakasih kepada jajaran pengelola dan pengembang objek wisata yang ada di lingkungan Subang selatan yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Kang Jimat optimis target tanaman keras satu juta pohon, dapat terealisasi 3 juta pohon. 

Kang jimat menitipkan agar pengelola wisata dapat memberikan kesan yang baik seperti pepatah someah Hade ka semah. "Saya inginkan kepada para pengusaha wisata supaya bagaimana caranya wisatawan betul-betul nyaman"

Kang jimat selanjutnya meninjau objek wisata De'Ranch dan melihat penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata. Dalam kesempatan tersebut, Kang jimat berdiskusi terkait visi pengembangan pariwisata dan pelestarian lingkungan bersama para perwakilan pengelola tempat wisata.  

Hadir dalam kesempatan tersebut pimpinan atau perwakilan objek wisata Sariater, De'Ranch, dan PT GRPP Tangkuban Perahu, Kalak BPBD Kab.Subang, Plt. Kasatpol Damkar Subang, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah II, Irawan, S.Hut, M.Si bersama jajaran, Kapolsek dan Danramil bersama jajaran, Camat jalancagak, Camat Ciater bersama muspika dan kepala desa se-Kecamatan Ciater dan Jalancagak.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers