Sultan Aloeda II Sayangkan Ambruknya Bangunan di Alun-alun Kasepuhan Cirebon



Reporterjabar.com - Cirebon, Ambruknya kanopi shelter UMKM di Alun-alun Kasepuhan (Sangkala Buana) Cirebon menuai beragam reaksi. Salah satunya adalah Sultan Aloeda II Rahardjo Djali. Ia menyayangkan peristiwa tersebut, terlebih ambruknya kanopi terjadi saat Alun-alun Sangkala Buana ramai pengunjung.

"Peristiwanya terjadi pada hari Minggu (13/02/2022), dimana masyarakat tengah ramai mengunjungi Alun-alun. Beruntung peristiwa itu tidak menimbulkan korban," katanya, Senin (14/02/2022).

Ia pun menyayangkan sikap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang tidak melakukan audit sebelum meresmikan Alun-alun Sangkala Buana.

"Sebelum diresmikan kenapa Gubernur Jabar tidak mengerahkan inspektorat untuk melakukan audit," imbuhnya.

Alun-alun Sangkala Buana telah diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 4 Februari 2022 lalu. Menurutnya, peristiwa ini menjadi sorotan semua pihak, terlebih masyarakat Cirebon yang menantikan ruang terbuka hijau yang representatif.

"Peristiwa ambruknya kanopi shelter tersebut menjadi bukti

lemahnya pengawasan. Tentunya masyarakat Cirebon merasa kecewa dan khawatir peristiwa serupa akan terjadi kembali," tuturnya.

Ia berharap, instansi terkait segera untuk melakukan penanganan dan perbaikan sehingga Alun-alun Sangkala Buana menjadi ruang terbuka hijau yang nyaman untuk dikunjungi baik untuk masyarakat Cirebon maupun luar Cirebon.

"Peristiwa ini harus menjadi pembelajaran bersama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Cirebon," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers