Siswa SMK Sukses Ciptakan Motor Listrik di Kabupaten Subang.

kepala sekolah smk bina teknologi subang beserta ketua yayasan bina teknologi

Reporterjabar.com- siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Teknologi Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, berhasil merakit sepeda motor bertenaga listrik. Kendaraan tersebut diselesaikan dalam waktu dua bulan.

Salah satu siswa yang ikut turut serta membuat motor listrik bernama Sidik Ibrahim (14/2/2022) mengatakan, ia bersama timnya sempat mengalami sejumlah kesulitan. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMK BINTEK Subang Wawan Suandi 14/2/2022 di bengkel praktik siswa.

Motor bertuliskan SMK Bintek Subang 702 ini memiliki bentuk motor sport drag race ala daytona dimana memiliki roda yang berukuran besar, sementara itu bodi motor berwarna biru pekat mendominasi sesuai dengan warna dari logo sekolah tersebut.

Untuk tenaga penggerak dari motor tersebut digunakan tenaga baterai dengan sistem penggerak listrik. Menurut Sidik, ia bersama timnya merasa senang dan bangga karya sekolahnya bisa dikenalkan ke masyarakat khususnya di kota subang.

Saat ini motor masih dalam proses penyempurnaan itu masih terparkir di bengkel praktik guna pengetesan lanjutan. saat uji coba laju motor tersebut baru bisa mencapai 40 kilometer per jam dengan jarak tempuh maksimal 35 KM untuk 1 kali charger batrai motor tersebut sementara untuk menempuh jarak tersebut, motor listrik karya SMK Bintek Subang ini butuh diisi tenaga listrik sekitar empat jam.

Kepala SMK Bina Teknologi Subang, Wawan Suandi menjelaskan pihaknya akan lebih menguatkan materi pengajaran perakitan sepeda motor, khususnya yang berkaitan dengan tenaga kelistrikan.

Pihak sekolah dengan prototive ini berharap agar para lulusannya mampu menciptakan lapangan kerja melalui bengkel modifikasi sepeda motor listrik di masa mendatang.. //HP


Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers