Produksi Tahu Berjaket Formalin Dengan Omset Puluhan Juta Rupiah




Reporterjabar.com-Terungkapnya kasus Pabrik yang memproduksi dan mengedarkan tahu dengan formalin berawal dari informasi masyarakat kepada pihak kepolisian, yang menyebutkan bahwa terdapat pabrik tahu yang dicurigai dalam melakukan usaha pembuatan tahh dicampur dengan bahan berbahaya (formalin).

Setelah dilakukan penyelidikan ahirnya Unit III Tipidter Sat Reskrim Polres Subang berhasil mengamankan barang bukti, sekaligus melakukan penyegelan PABRIK TAHU yang memproduksi dan mengedarkan tahu tersebut di Kel. Sukamelang.

Dari hasil penyidikan pelaku menjalankan kegiatan usahanya sudah kurang lebih 3 tahun, dan dalam melakukan penjualan hasil produksi tahu nya, pelaku mengedarkan nya ke berbagai  pasar di wilayah Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon, dengan keuntungan yang di dapat oleh pelaku sebesar Rp. 30.000.000,- perbulan,

alasan pelaku memasukkan bahan tambahan pangan yang dilarang tersebut didalam memproduksi makanan agar hasil bahan pangan (tahu) yang diproduksinya bertahan lama dan tidak cepat busuk.

Berdasarkan hasil pemeriksaan fisik Barang Bukti yang dilakukan oleh Tim Ahli Laboratorium dari BPOM Prov. Jawa Barat didalam tahu yang akan siap edar oleh pelaku PTM terdapat kandungan bahan formalin, yang mana bahan tersebebut dilarang ditambahkan didalam memproduksi makanan.

Terhadap Tersangka PTM, disangkakan telah melanggar ketentuan Pasal 136 huruf (b) Jo Pasal 75 Ayat (1) Undang-Undang RI No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan dalam kesempatan yang sama, Kapolres Subang juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat, untuk lebih teliti dalam membeli bahan pangan yang akan dikonsumsi, serta tidak ragu / tidak takut untuk memberikan informasi kepada pihak kepolisian, bilamana menemukan adanya praktek pelaku usaha atau pabrik yang memproduksi atau mengedarkan bahan pangan yang menggunakan bahan kimia lainnya khususnya di wilayah Kab. Subang, guna mencegah kerugian masyarakat yang lebih besar.

Dalam keterangannya yang dilaksanakan di Polres Subang, Kapolres AKBP Sumarni, S.I.K., S.H., M.H yang didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Subang AKP M. Zulkarnaen, S.I.K dan Kanit III TIPIDTER Sat Reskrim Polres Subang IPDA M. Raka Dwi Darma S.Tr.K menarangkan bahwa tersangka PTM 36 Tahun, Warga Tirmoyo Kab. Wonogiri Prov Jateng ditangkap pada hari Senin tanggal 24 Januari 2022 sekitar jam 16.00 Wib di rumahnya Kel. Sukamelang Kecamatan. Subang

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers