Pemda Kabupaten Subang terapkan sistem merit

Reporterjabar.com, Subang - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi terkait Persiapan Evaluasi Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Instalasi Pemerintah secara Virtual Zoom di ruang rapat segitiga Rumdin 1 Bupati Subang, Senin 14 Februari 2022.

Sistem Merit adalah pendekatan pengelolaan SDM ASN yang paling Pancasilais karena mengedepankan asas keadilan dalam implementasinya, sebagaimana bunyi sila kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sistem Merit juga memiliki peran yang penting dalam mewujudkan sistem organisasi yang baik dalam suatu pemerintahan.

Adapun 8 Aspek yang menjadi kriteria Penilaian Mandiri sistem merit pada Aplikasi SIPINTER adalah Perencanaan Kebutuhan Pegawai, pengadaan, pembinaan Karir dan Peningkatan Kompetensi, mutasi, rotasi dan promosi, pengelolaan kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin, perlindungan serta sistem pendukung.

Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara Dr. Mustari Irawan, M.P.A. menjelaskan Strategi Optimalisasi Penerapan Sistem Merit ASN dalam mengawali tahun 2022 ini diantaranya:
- pembangunan laboratorium sistem merit di daerah 3T
- kolaborasi dan pembangunan kerja sama asistensi sistem merit antar instansi
- asistensi penerapan manajemen talenta
- pembentukan community of practice penerapan sistem merit
- audiensi penguatan komitmen penerapan sistem merit dengan PPK dan atau PyB
- sosialisasi dan asistensi penerapan sistem merit di instansi pemerintah
- optimalisasi sistem informasi untuk knowledge sharing penerapan sistem merit

Turut hadir dalam kesempatan kali ini Inspektur Inspektorat Daerah, Kepala dan staff jajaran BKPSDM Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers