Pastikan kondisi Tangkuban Parahu, Dandim Subang pantau langsung ke lokasi

Reporterjabar.com, Subang - Dandim 0605/Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto beserta jajaran Kodim 0605 Subang bermotor hingga ketinggian 2.084 mdpl, pantau situasi Gunung Tangkuban Parahu yang viral di media sosial karena mengalami erupsi, Selasa (15/02/2022). Tujuannya untuk memastikan kondisi Tangkuban Parahu secara langsung. Dalam kunjungan tersebut, Dandim didampingi Danramil 0504 Sagalaherang Lettu Inf Sukaji, Perwira Staf, Provost Koptu Deni dan anggota Babinsa.

Irsad menjelaskan, kehadirannya ke lokasi merupakan bentuk responsif dari pihaknya untuk memastikan kondisi Gunung Tangkuban Perahu pada hari ini. "Ini salah satu respon kami setelah melihat berita erupsi Gunung Tangkuban Perahu yang viral di media sosial" ujarnya saat pengecekan lokasi di Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Subang. 

Saat ini, lanjut Dandim, diketahui bahwa Gunung Tangkuban Perahu masih dalam situasi yang aktif dan berada di level 1 tetapi masih bisa dikunjungi.

"Saat ini Gunung Tangkuban Perahu sedang berada di level 1 dan masih bisa dikunjungi," imbuhnya. 

Meskipun begitu, Irsad mengingatkan baik masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu agar tetap waspada dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi dan tidak perlu terlalu khawatir karena pengelola memiliki SOP mengenai mitigasi bilamana terjadi perubahan status. 

"Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan akan kami lakukan langkah-langkah pencegahan untuk menjaga keselamatan pengunjung dan keselamatan lingkungan sekitar karena Gunung Tangkuban Perahu termasuk gunung berapi yang masih aktif," tuturnya. 

Selain itu, Dandim 0605 menekankan pihak pengelola wisata agar terus menjaga protokol kesehatan agar wisatawan juga terhindar dari paparan Covid-19.

"Kami juga tetap menekankan agar pengelola wisata atau pengurus tetap menjaga prokes agar semua bisa terhindar dari Covid-19," pungkasnya. (Rilis Kodim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers