Jaga Kemahiran Menembak Anggota Lanud Manuhua Berlatih di Lapang Tembak Kopasgat

Pen Mna (BIAK)- Untuk meningkatkan keterampilan dan kemahiran sebagai prajurit TNI agar dapat melaksanakan tugas dengan baik khususnya dalam bidang menembak dan juga salah satu keterampilan perorangan yang harus dimiliki setiap prajurit, maka diwajibkan para anggota Lanud Manuhua melaksanakan latihan menembak senjata laras panjang bagi Bintara, Tamtama dan menembak pistol bagi para Perwiranya, yang dilaksanakan di lapangan tembak Batalyon Komando 468 Kopasgat, Biak, Selasa (22/2/2022). 

Kegiatan latihan menembak ini merupakan program kerja Dinas Operasi Lanud Manuhua Triwulan pertama tahun 2022 yang dilaksanakan  untuk membina kemampuan dan profesionalisme para prajurit dalam bidang menembak perorangan.

Sebelum pelaksanaan menembak para anggota mendapat pengarahan dari Kasi Senjata Lanud Manuhua Mayor Tek Teguh Dwi H, dalam pemandu latihan untuk mengingat kembali pentingnya menjaga Safety dalam menembak.

 "Oleh sebab itu kegiatan ini hendaknya dapat diikuti sesuai prosedur latihan, jika ada senjata yang macet trabel hendaknya angkat tangan sehingga nanti anggota pendamping dari seksi senjata yang membetulkan," tegas Mayor Tek Teguh.

"Disamping itu latihan menembak dimaksudkan juga untuk melatih prajurit memahami tentang teknis penggunaan senjata Laras panjang maupun pistol sehingga dapat melaksanakan menembak dengan baik, tertib, aman dan lancar sebagai bentuk olah keprajuritan bagi para anggota Lanud Manuhua," jelasnya

Pada kesempatan latihan menembak ini para prajurit Bintara Tamtama melaksanakan latihan menembak menggunakan senjata laras panjang jenis M16 dan seluruh penembak diberi kesempatan menembak dengan 13 peluru terdiri dari 3 percobaan dan 10 penilaian dengan sikap tiarap dengan jarak bidik 100 m. Sedangkan para perwira menggunakan pistol jenis Glock 26, G-2 Combat dan Tanfogilo, penembak diberi peluru 13 butir, terdiri dari 3 percobaan dan 10 penilaian dengan jarak 25 meter .

Pada kesempatan itu juga Menurut Kadisops Lanud Manuhua Kolonel Pnb I Ketut Adiyasa mengatakan bahwa kegiatan menembakan ini merupakan program kerja bidang operasi untuk membina kemampuan dan profesionalisme para prajurit dalam bidang menembak perorangan.

"Untuk itu saya berharap agar para penembak harus melaksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nilai hasil menembak diharapkan tiap triwulan harus meningkat nilainya," harapnya.

Hadir pada latihan menembak tersebut Komandan Lanud Manuhua Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M. Tr (Han)., Para Kadis, Komanda Skaron Udara 27 dan para pejabat Lanud Manuhua serta seluruh anggota Lanud Manuhua.

Berita Gambar: Komandan Lanud Manuhua beserta Anggota Lanud Manuhua saat melaksanakan latihan menembak di lapangan tembak Yonko 468 Kopasgat Biak.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers