Cara YESS atasi pengangguran di Subang

Reporterjabar.com, Subang - Bertempat di Aula BP4D Kab. Subang, Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri pertemuan koordinasi Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) Distric Multi Stakeholder Forum Kab. Subang, Selasa (22/02/2022).

Mewakili Kaban BP4D, Kabid Ekonomi BP4D Wahyu Sofian mengatakan Program YESS yang sudah berjalan dari tahun 2020 dan 2021 telah menghasilkan 1.326 orang CPM (Calon Penerima Manfaat) untuk pelatihan Motivasi Bisnis, Literasi Keuangan, Start Up dan Proposal Bisnis. Selain itu untuk yang sifatnya Job Seeker telah dilakukan pemagangan sebanyak 28 orang yang dilakukan di PT. Sang HyangSeri, P4S Agrospora, P4S Brahman Sejahtera, dan CV. Jabong Hidrofarm.

Detia Tri Yunandar selaku Direktur Polbangtan Bogor dalam paparannya mengatakan dirinya mengkoordinir Program YESS ini di 4 Kabupaten di Jawa barat yakni Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Subang. 

Menurutnya Ruang lingkup program YESS ini cukup luas, tidak sekedar skill namun kemampuan Entrepreneurship dan networking yang harus bisa d kuasai. 
Dengan mengadakan program smart farming, kedepannya para petani milenial dan calon petani milenial dituntut harus menguasai teknologi budidaya yang dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan dipadukan dengan memanfaatkan inovasi dan jiwa kewirausahaan, sehingga dapat menggenjot produktivitas. Sementara itu menyangkut Calon Penerima Manfaat (CPM) Program YESS, untuk saat ini Calon penerima manfaat (CPM) berkisar antara lain 75% laki laki dan 25% perempuan dengan harapan di tahun-tahun berikutnya akan berimbang rasio CPM antara laki-laki dan Perempuan sebanyak 50% - 50%.

Sementara itu Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau biasa disapa Kang Akur mengatakan Pemerintah Kab. Subang mengucapkan Terima kasih kepada Pihak Kementerian Pertanian yang begitu besar perhatiannya untuk terus mendukung tercapainya Subang Jawara melalui Pencapaian Jawara Pakaya, Jawara Miara, dan Jawara Niaga. 

Menurut Kang Akur Pertemuan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan Program YESS 2022 dengan mensinergikan antara Rencana Kegiatan Program YESS dengan Program Pemerintah Daerah yang rencananya juga akan disampaikan di Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Barat. 

Kang Akur pun menambahkan Program YESS merupakan Program Pengembangan Pemuda Perdesaan yang bertujuan menghasilkan Wirausahawan Muda dibidang Pertanian dan menghasilkan Tenaga Kerja yang kompeten dibidang Pertanian. Dalam mencapai 2 Output tersebut tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Pengembangan Kemampuan (Capacity Building) bagi Pemuda Perdesaan.

" Sudah selayaknya Pemerintah Kab. Subang bisa bersinergi melalui program-program yang ada di SKPD yang termasuk dalam District Coordinating Team, agar bisa menindaklanjuti Sumberdaya Manusia yang sudah terlatih ini dikaitkan dengan potensi Sumberdaya Alam yang dimiliki oleh Kab. Subang. Sesuai dengan Visi RPJP Kab. Subang yaitu terwujudnya Kab. Subang sebagai daerah Agribisnis, Pariwisata, Industri yang berwawasan lingkungan dan religius serta berbudaya melalui pembangunan berbasis Gotong Royong pada tahun 2025, dalam visi ini menegaskan bahwa Kab. Subang ingin mewujudkan segala hasil produk pertanian memiliki daya saing di Pasar melalui serangkaian kegiatan Usaha Tani, produksi, pengolahan dan pemasaran serta sektor penunjang lainnya,sehingga petani memperoleh nilai tambah dari komoditi yang ditawarkan. " ujarnya.

Menurut Kang Akur apabila Program YESS ini memiliki indikator sebagai angka penekan pengangguran hal ini sangat diperlukan karena jika dilihat dari sisi tingkat pengangguran terbuka selama Pandemi Covid-19, antara tahun 2020-2021 cenderung meningkat, dimana untuk tahun 2020 mencapai angka 9,48% sedangkan di tahun 2021 meningkat ke angka 9,77%. Berdasarkan data dari 4 pengangguran yang ada ternyata 3 orangnya adalah pemuda, untuk itu kehadiran Program YESS diharapkan bisa menekan laju peningkatan pengangguran dengan target di tahun 2023 sebesar 7,74%.

Tantangan ini tentunya perlu dukungan dari seluruh Stakeholders yang terlibat, agar potensi Sumberdaya Manusia yang ada bisa menjadi wirausaha muda yang kreatif dibidang pertanian dan menghasilkan Tenaga Kerja yang kompeten dibidang pertanian (Job Seeker).

Setelah sambutan tersebut Kang Akur pun membuka Acara Pertemuan Rapat Koordinasi Program YESS Distric Multi
Stakeholder Forum Kab. Subang tahun 2022 dan dilanjutkan penyerahan cinderamata secara simbolis kepada CPM berprestasi serta penyerahan Sertifikat Pemagangan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Direktur Polibangtan Bogor, Manager PPIU Jabar, Kadis Pertanian, dan Para Calon Penerima Manfaat (CPM) Berprestasi.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers