Bupati Subang sebut peran Nahdliyin sangat dibutuhkan

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang, H. Ruhimat, menyatakan peran organisasi Nahdlatul Ulama (NU) sangat penting dalam proses pembangunan di Kabupaten Subang, khususnya dalam pengembangan iman dan taqwa. "Pemerintah Daerah belum mampu untuk membina keimanan dan ketaqwaan warga Subang sehingga pada lembaga seperti NU-lah, harapan itu bertumpu, khususnya untuk generasi penerus. Saya berharap kepada NU untuk selalu mengembangkan dan membina generasi penerus bangsa.
Pemerintah sangat menbutuhkan kehadiran dari Nahdliyin sehubungan dengan hari esok Subang," ujarnya saat menghadiri Pelantikan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Compreng Masa Khidmat 2021-2026, di Pondok Pesantren Al-Islah Compreng, Rabu (16/02/2022).

Bupati mengaku untuk menyongsong hari esok Subang, peran NU sangat diperlukan untuk menjaga generasi penerus dari pengaruh urbanisasi.
"Kaum Nahdliyin menjadi andalan Pemerintah Daerah untuk mampu mengimbangi dampak negatif dari pembangunan di Subang dalam hal keimanan," imbuhnya.

Menutup sambutannya, Ruhimat menjelaskan kondisi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Subang.
"Anggaran habis untuk penanggulangan Covid-19, namun Pemerintah Daerah tidak diam saja dalam hal infrastruktur khususnya jalan. Kami sedang persiapkan jalan lingkar Kota Subang dan berbagai ruas jalan lain agar generasi penerus tidak terbebani kebutuhan infrastruktur. Apa yang kami (Pemda Subang) rencanakan sudah ditandatangani oleh Presiden dan masuk dalam Perpres 87 tahun 2021," tuturnya.

Dalam acara ini secara simbolis dilantik 7 pengurus MWCNU Kecamatan Compreng mewakili 61 orang pengurus yang dilantik.

KH. Imron Nul Hoirot S.Pd.I, ketua pelaksana kegiatan sekaligus Ketua MWCNU Compreng dalam laporannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh panitia dan donatur atas terselenggaranya acara ini. "Saya atas nama ketua MWCNU Compreng mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja kerasnya karena sampai detik ini masih semangat. Mudah-mudahan dibalas oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda. Terima kasih kepada para donatur, termasuk Pak Bupati, Pak Kepala Dewan, Pak Camat, hingga seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Compreng atas tenaga, pikiran, dan hartanya untuk terselenggaranya acara ini."

Ia berpesan kepada seluruh pengurus MWCNU Compreng yang akan dilantik untuk terus bersinergi dan memberikan kontribusi bagi NU.
"Setelah dilantik ayo terus bangun kekompakan, kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan apapun. Agar program yang sudah di-muker-kan dapat direalisasi dan diimplementasi dengan baik. Jangan bangga jadi pengurus NU, tapi banggalah ketika kalian mampu mengurus NU dengan kontribusi sesuai kapasitasnya."

Mengakhiri laporannya, Imron menyampaikan keinginannya agar acara ini dilaksanakan semeriah mungkin namun tidak dapat terlaksana.
"Saya juga ingin agar acara ini dapat dihadiri seluruh masyarakat dan dilaksanakan semeriah mungkin, tapi karena kondisi (pandemi Covid-19), banyak batasan yang harus diikuti. Ini menjadi bukti bahwa NU taat dan mendukung program pemerintah." Pungkas Imron.

Ketua PC NU Subang, KH. Satibi, S.Pd.I., MM dalam kegiatan tersebut mengucapkan selamat bekerja kepada pengurus MWCNU Compreng yang baru saja dilantik dan mendoakan agar di tangan pengurus yang baru, NU di Compreng semakin maju.

Ia menambahkan, saat ini MWCNU Kecamatan Compreng sedang berencana membangun kantor untuk kegiatan organisasi.
"Di Kecamatan Compreng terdapat lahan yang siap dibangun untuk kantor MWCNU Compreng agar MWCNU Compreng."

Satibi meyakini, semua yang hadir pada acara ini didorong oleh rasa cinta kepada Nahdlatul Ulama.
"Saya yakin semua yang hadir pada prosesi pelantikan ini karena kecintaan bapak ibu semua kepada Nahdlatul Ulama, termasuk Bapak Bupati yang datang juga karena kecintaan beliau kepada Nahdlatul Ulama."

Acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim oleh Kang Jimat didampingi oleh Ketua DPRD dan BAZNAS Kabupaten Subang.

Bupati Subang, H. Ruhimat mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus MWCNU Compreng dan berharap agar sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan seluruh pengurus NU semakin baik.

Kang Jimat juga menyampaikan permohonan maaf karena acara pelantikan ini tidak dapat terlaksana dengan meriah.
"Saya atas nama pemerintah ingin menyampaikan permohonan maaf karena acara pelantikan ini tidak bisa dilaksanakan swcara besar-besaran sehubungan dengan Covid-19 dan Subang saat ini masuk ke PPKM Level 3. Bukan bermaksud membatasi jamaah yang hadir sebagai bentuk upaya agar jangan sampai wabah ini melanda warga masyarakat Subang. Kami ingin masyarakat Subang terhindar dari wabah Covid-19. Hari ini saja ada 115 warga Subang yang dirawat di rumah sakit."



Acara ditutup dengan pelelangan pembangunan gedung MWCNU oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Subang.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Camat, Muspika dan Kepala Desa se-Kecamatan Compreng, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama beserta jajaran, Pengurus Muslimat NU Ranting beserta jajaran, Pengasuh Ponpes Al-Islah dan tamu undangan lainnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers