Bupati Subang Lantik tiga Kepala Desa Sekaligus

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang, H. Ruhimat, didampingi Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, melantik dan mengambil sumpah kepala desa terpilih Desa Cilamaya Girang, Desa Cilamaya Hilir, dan Desa Tanjung Tiga, di Lapangan Desa Cilamaya Girang, Kamis (3/02/2022).

Kepala desa terpilih Desa Cilamaya Girang adalah Siti Maslihah, Kepala Desa Cilamaya Hilir adalah Rahmat Hidayat, dan Kepala Desa Tanjung Tiga adalah Syukur.

Dalam laporannya, Camat Blanakan, Hazizul Hakim S.Sos., M.Si menyatakan penyelenggaraan Pilkades di Kecamatan Blanakan berjalan lancar.
"Secara umum di Kecamatan Blanakan ada 8 Desa yang menyelenggarakan Pilkades. Ini merupakan kecamatan dengan penyelenggaraan Pilkades terbanyak di Kabupaten Subang. Alhamdulillah berkat dukungan seluruh pihak, penyelenggaraan Pilkades di Kecamatan Blanakan berlangsung dengan lancar dan kondusif dengan presentase pemilih di Desa Cilamaya Girang mencapai 78%, Cilamaya Hilir 84%, dan Desa Tanjung Tiga sebesar 55%."

Hazizul juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang atas dana penyelenggaraan Pilkades yang dikucurkan.
"Saya ucapkan terima kasih kepada Kang Jimat atas dana Pilkades sehingga tidak memberatkan panitia Pilkades dan calon kepala desa, sehingga kepala desa terpilih tidak terlilit hutang pencalonan."

Menutup laporannya, Hazizul mengungkapkan peningkatan insfratruktur adalah program prioritas, namun dengan terjadinya pandemi Covid-19 maka fokus program dan anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Subang berubah menjadi penyelamatan jiwa manusia. Ia juga mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Usai dilantik dan diambil sumpah oleh Kang Jimat, Siti Maslihah, Kepala Desa Cilamaya Girang menyampaikan
"Saya ucapkan terima kasih kapada Kang Jimat beserta jajaran yang telah berkenan melantik saya. Saya juga mohon bimbingan dari seluruh pihak, mulai dari Pemda Subang, Muspika Blanakan agar saya dapat memajukan Desa Cilamaya Girang."

Selanjutnya Kepala Desa Tanjung Tiga, Syukur mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dilantiknya Ia dan dua kepala desa yang lain.
"Mudah-mudahan dengan program yang akan saya usung dapat mewujudkan Subang Jawara."

Selain itu ia berterima kasih karena di Desa Tanjung Tiga terdapat pembangunan jalan Kabupaten sepanjang 2 kilometer dan berpesan kepada seluruh warga Desa Tanjung Tiga untuk memajukan Desa Tanjung Tiga.

Syukur mengutip ucapan Bung Hatta bahwa pembangunan Indonesia hanya bisa tercapai dengan pembangunan Desa. Indonesia akan bercahaya tidak hanya dari kompor di Jakarta, tetapi Indonesia akan bercahaya berkat lilin-lilin kecil di desa.

Menutup sambutannya, Syukur memohon dukungan dari seluruh pihak agar program dan roda pemerintahan di Desa Tanjung Tiga dapat berjalan dengan baik.

Senada dengan 2 kepala desa yang lain, Kepala Desa Cilamaya Hilir, Rahmat Hidayat mengucapkan rasa syukur atas dilantikna Ia bersama dua kepala desa yang lain.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten atas pemberian mobil Jawara.
"Terima kasih karena Desa Cilamaya Hilir mendapat mobil Jawara karena dapat melunasi PBB tepat waktu. Insyaallah tahun ini juga akan lunas."

Selain itu Ia mengucapkan terima kasih, karena berkat kerjasama Pemda Subang dengan BBWS Jawa Barat, banjir di desa Cilamaya Hilir tidak terlalu parah.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, mewakili Bupati Subang menyatakan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Subang bahwa alokasi dana dan anggaran dari sumber manapun tidak akan disalahgunakan.

Kang Akur selanjutnya menghaturkan permohonan maaf atas terganggunya program pembangunan di Kabupaten Subang.
"Permohonan maaf karena harapan pembangunan di Subang teganggu dengan pandemi Covid-19. Selain itu saya ingatkan bahwa saat ini angka Covid-19 mulai naik sehingga seluruh masyarakat harus terus mematuhi protokol kesehatan 3M agar terbebas dari varian Covid-19 yang baru yaitu Omicron yang tingkat infeksinya tinggi. Selain itu, bagi yang belum divaksin untuk segera divaksin, termasuk anak-anak dan lansia untuk memperkuat imunitas masyarakat sehingga terbentuk herd immunity."

Kang Akur menambahkan, mwskipun di tengah pandemi Covid-19, beberapa program pembangunan di Subang terus diupayakan untuk diwujudkan.
"Pembangunan di Kabupaten Subang, bahkan di Indonesia terkendala oleh Pandemi Covid-19 sehingga janji pembangunan tidak dapat terlaksana karena dananya untuk antisipasi pandemi Covid-19. Namun, meski di tengah pandemi, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Pak Bupati terus berlari mengejar anggaran dari Provinsi maupun Pemerintah Pusat sehingga rencana pembangunan jalan Cilamaya-Patimban yang awalnya hanya mimpi, dengan semangat juang Pak Bupati, alhamdulillah hari ini ada kepastian pembangunan jalan Cilamaya-Patimban akan didanai oleh APBN dengan Perpres 87 tahun 2021."

Selanjutnya, Kang Akur berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk selalu bersatu dan berusaha mewujudkan kemajuan di desanya masing-masing untuk menuju Subang Jawara.
"Apalah artinya Subang kalau tidak dibangun dari desa. Bagaimana Subang akan maju tanpa dibantu oleh seluruh warga yang ada di desa-desa."

Kang Akur menambahkan, rencana pembangunan jalan Cilamaya-Patimban tidak hanya berdampak pada akses yang lebih nyaman, tetapi dapat meningkatkan taraf ekonomi bagi masyarakat dan menyampaikan pada APBD Tahun 2022, sudah dialokasikan dana untuk pembangunan insfratruktur di Kecamatan Blanakan.
"Dampak dengan adanya jalan Cilamaya-Patimban adalah selain akses jalan yang lebih nyaman, tentu akan meningkatkan geliat ekonomi di Pantura dan dapat mencegah banjir rob yang selalu terjadi setiap tahun. Selain itu, meskipun APBD Subang belum maksimal, anggaran APBD Kabupaten Subang sudah dianggarkan 8,5 milyar lebih untuk membangun insfratruktur di Kecamatan Blanakan."

Menutup sambutannya, Kang Akur mengajak seluruh warga untuk kembali bersatu dan berpesan kepada kepala desa terpilih bahwa seluruh warga adalah warga mereka, tidak melihat apakah dulunya merupakan pendukung atau pesaing agar terwujud desa yang maju.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, plt Kadispemdes Subang, Kepala Dinas BP2ADP3A Subang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Subang, Muspika Kecamatan Blanakan, Kepala Desa se- Kecamatan Blanakan, dan tamu undangan lainnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers