Bupati Subang Inginkan Tanaman Porang dan Stevia Dikembangkan di Subang

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat menerima kunjungan anggota DPR RI TB Hassanudin, Kepala PTPN VIII, Direksi Perhutani, Investor dan para Offtaker , terkait pengembangan potensi Sumber Daya Alam di Subang. Sabtu (19/2/22).

Pertemuan tersebut dalam rangka koordinasi dan konsolidasi terkait kerjasama dibidang pertanian, khususnya tanaman Porang & Stevia yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Subang.

Iwan salah satu investor menyampaikan bahwa Porang memiliki potensi, salah satunya untuk dijadikan Tepung porang, dimana di Jepang sendiri Tepung tersebut digunakan untuk Siratake dan juga mie sehat. Iwan mengatakan bahwa Porang memiliki pasar yang sangat besar, dengan zero karbohidrat dan serat yang tinggi. Sementara Stevia, merupakan unggulan gula masa depan, dengan zero kalori, dan menjadi salah satu pemanis yang sehat. "Saya melihat pak bupati memiliki perhatian besar terhadap potensi ini"

TB Hasanudin pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Subang memiliki potensi yang luar biasa untuk dapat memproduksi Stevia dan Porang. TB Hassanudin juga menyampaikan visi dari produksi tanaman tersebut adalah untuk memperdayakan masyarakat, agar masyarakat tumbuh dalam mengelola dan meningkatkan kesejahteraan. Dirinya menyarankan untuk mengajak Gapoktan dalam pelaksanaan produksi tanaman tersebut. "Saya ingin rakyat saya dan daerah saya maju, ini sesuai arahan presiden rakyat harus diberdayakan"

Sementara itu, Kang Jimat menyampaikan bahwa pada pertemuan kali ini dirinya ingin meminta petunjuk dan dukungan dari DPR RI. Kang Jimat juga telah mengajak untuk menanam stevia dan porang baik kepada Perhutani maupun PTPN VIII dan direspon baik. Kang Jimat menyampaikan bahwa saat ini dirinya telah mengumpulkan Kelompok tani untuk mempersiapkan program penanaman Porang & Stevia tersebut.

Kang Jimat berharap, dengan berjalannya program ini, masyarakat khususnya petani bisa mampu meningkatkan penghasilannya melalui tanaman porang dan stevia. Dirinya juga menginginkan untuk memperdayakan masyarakat yang ada disekitar wilayah perkebunan, sehingga hidupnya lebih sejahtera. "Optimis kami, subang akan maju"

Kang Jimat mengatakan bahwa untuk menanam Porang bisa dilakukan dengan cara tumpang sari dengan tanaman pokok, sehingga tanaman Pokok bisa berjalan, begitupun dengan plasma, sehingga mampu mendapatkan keuntungan lebih dari plasma. Terkait lokasi yang dibutuhkan untuk Stevia, dimana tanaman tersebut memerlukan ketinggian diatas 700 mdpl, Kang Jimat menyarankan untuk menggunakan lahan PTPN VIII di ketinggian 1200 mdpl yang berlokasi di Bukanagara. Untuk tindak lanjut program ini, Kang Jimat menginginkan Offtaker dan Investor untuk bekerjasama dengan BUMD.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan rakyat, Asisten Daerah Bidang Perekonomian & Pembangunan, Kaban BP4D, Kadis Pertanian, Kabag Pemerintahan Setda Subang, Kepala PTPN VIII beserta jajaran dan Direksi Perhutani.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers