Stasiun Kejaksan Cirebon Meriahkan Imlek dengan Konsep Go Green



Reporterjabar.com - Cirebon, Dalam rangka menyambut Tahun Baru  Imlek 2573, PT KAI (Persero) Daop 3 Cirebon membuat inovasi baru guna meningkatkan kenyamanan bagi para penumpang Kereta Api, yaitu dengan menghadirkan suasana pedesaan melalui fasilitas taman indoor yang dibangun di Hall Lobby Stasiun Cirebon. Kegiatan ini merupakan komitmen PT KAI Daop 3 Cirebon dalam  turut mensukseskan program BUMN Hijaukan Indonesia.

"Dalam semarak Libur Imlek ini, salah satu fasilitas yang terbaru dihadirkan di Stasiun Cirebon yakni ruang tunggu dengan suasana alam yang instagramable. Diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut, dapat dimanfaatkan bagi para penumpang untuk berswafoto," ujar Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Senin 31/01/2022.

Selain tanaman hidup, terdapat kolam kecil serta beberapa tempat duduk penumpang yang bisa dimanfaatkan untuk menunggu keberangkatan KA. Para pelanggan juga bisa melakukan foto selfie atau mengabadikan momen saat menunggu keberangkatan KA di taman tersebut.

"Kegiatan penghijauan stasiun dengan cara penanaman pohon secara outdoor sudah dilakukan di 30 stasiun wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, dari stasiun kelas besar hingga stasiun kelas kecil. Untuk progres tamanisasi indoor untuk tahap awal, baru dilakukan di Stasiun Cirebon dan kemudian akan berlanjut ke stasiun lainnya," imbuhnya.

Ia melanjutkan, hal ini merupakan wujud keselarasan pembangunan infrastruktur yang tetap mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga ekosistem lingkungan setempat. "Selain untuk mendukung program BUMN hijaukan Indonesia, Konsep ramah lingkungan melalui penghijauan dapat menjadikan udara lebih baik dan bersih, mengurangi dampak dari pemanasan global serta menyerap berbagai polusi udara," pungkasnya.

Di sisi lain, pada masa liburan Tahun Baru Imlek 2573, PT KAI Daop 3 Cirebon tetap menyelenggarakan pelayanan transportasi kereta api dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tercatat pada masa libur ini, terdapat 85 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dengan tujuan ke berbagai Kota di wilayah Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Purwokerto, Jember dan Banyuwangi.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers