Selamatkan Lingkungan Sejumlah Aktifis Lakukan Ini



Reporterjabar.com, Subang - Sejumlah aktivis lingkungan di Subang melakukan penanaman pohon di sekitar tempat pembuangan akhir sampah Panembong. Tujuannya untuk menyelamatkan lingkungan dari bahaya mengancam pada kehidupan.

Kegiatan ini sebenarnya telah dimulai sejak 10 januari 2022 lalu yang dipimpin langsung Bupati Subang, H. Ruhimat pada momentum gerakan penanaman sejuta pohon tahun 2022 di Kabupaten Subang.

Adapun kegiatan sekarang lanjutan yang dilakukan aktifis lingkungan bersama Muspika Kecamatan Subang,  pihak swasta diantaranya Bank BJB, Bank Subang, PT. Tirta investama, Sariater dan para pegiat lingkungan seperti : Warna Alam, Sagunung Samaung, Massal, KBPA dan Enjoy Subang.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, H. Hidayat penanaman hutan ini dengan konsep Pemberdayaan masyarakat, kolaboratif dan gotong royong. "Mudah-mudahan reklamasi lahan eks TPA Panembong menjadi Taman Kehati seluas kurang lebih 6 hektar," tuturnya, Sabtu (21/2/2022).
Harapan dimasa depan lokasi eks TPA Panembong menjadi ruang terbuka hijau dan bahkan menjadi taman keanekaragaman hayati.

Ditambahkan Kepala Bidang Tata Lingkungan Hidup Dinas LH Kabupaten Subang, Agus Saepulah berdasarkan kajian lingkungan hidup dengan menumpuknya sampah dari pembuangan membuat pencemaran pada sungai Cileuleuy yang bermuara pada sungai Cipunagara.
Dengan kondisi tersebut perlu  adanya penanganan serius dari pemerintah daerah Kabupaten Subang dalam hal ini DLH selaku dinas teknis pemegang aset BMD. Oleh karena itu diperlukan penanganan dengan cara menanami lahan tersebut dengan tanaman keras. "Sehingga selain sebagai penyangga dengan ditanaminya lahan ex tpa panembong tersebut bisa dijadikan taman kehati dan untuk kedepannya akan dilaksanakan pengerukan sungai sesuai dengan keadaan semula," tuturnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers