Harga Minyak Goreng Melonjak, Apical Group Dukung Pemerintah Gelar Operasi Pasar



Reporterjabar.com - Cirebon, Akibat melonjaknya harga minyak goreng di pasaran, Apical Group bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan terus menyelenggarakan operasi pasar di pasar-pasar tradisional di wilayah Jawa Barat untuk mempermudah masyarakat mendapatkan harga minyak goreng yang lebih terjangkau. Operasi pasar ini akan digelar pada 17-26 Januari 2022 di tujuh wilayah. Kenaikan harga CPO internasional yang cukup tinggi berdampak ke seluruh Indonesia, khususnya wilayah Jawa Barat. Pada 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah telah mencapai Rp17.900 per liter, sedangkan minyak goreng kemasan sederhana mencapai Rp18.500 per liter dan minyak goreng kemasan premium Rp 20.300 per liter, dimana wilayah Jawa Barat juga terkena imbas dari lonjakan harga.

Menurut Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfhi, Pemerintah akan menjamin ketersediaan minyak nabati dengan harga terjangkau melalui pengecer modern maupun pasar tradisional.

Sementara itu, Ketua Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Bernard A. Riedo mengatakan, tingginya harga minyak nabati di pasar domestik didorong oleh rendahnya produksi minyak nabati yang menyebabkan kenaikan harga di pasar internasional mencapai US$1.340 per metrik ton.

“Kami bekerja sangat keras untuk mendukung Pemerintah dan bekerja sama dengan semua anggota kami untuk memastikan ketersediaan minyak nabati dengan harga terjangkau dari pengecer modern maupun tradisional. Saat ini, Apical Group bersama dengan sister company-nya, Asian Agri, secara aktif menunjukkan dukungannya di berbagai daerah yang membutuhkan operasi pasar ini," katanya, Selasa 18/01/2022.

Kepala Logistik Apical Group, Gunawan Sumargo mengatakan, sebagai produsen minyak nabati adalah untuk dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat. "Kegiatan ini tidak hanya upaya dukungan untuk Pemerintah, tapi juga kita dapat melihat secara langsung dan menyentuh kehidupan masyarakat yang membutuhkan komoditas ini melalui operasi pasar," imbuhnya.

Apical Group membuka operasi pasarnya di Jawa Barat dengan menjual minyak goreng merek Harumas dan Camar mulai dari Kota Sukabumi, dan akan berlanjut ke Kota Cirebon, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.


Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers