Forum Sunda Ngahiji Tuntut Arteria Mundur dari Partai dan Keanggotaan Dewan Di DPR.RI


Bupati Cianjur Herman Suherman. foto Fery Wirabuana

Reporterjabar.com - Cianjur - Bupati, DPRD, dan masyarakat Kabupaten Cianjur menandatangani petisi agar Arteria Dahlan dipecat dari DPR RI terkait pernyataannya yang meminta Kajati berbahasa Sunda saat rapat dicopot.

Petisi tersebut ditandatangani usai masyarakat Cianjur yang tergabung dalam Paguyuban Sunda Ngahiji menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Cianjur, Jumat 21/1.

Dalam aksi tersebut para budayawan Sunda dan masyarakat Cianjur menuntut agar Arteria Dahlan dipecat sebagai anggota dewan dan kepengurusan partai.

Dalam orasinya perwakilan dari Forum Sunda Ngahiji "Fery Wirabuana" mendesak aparat penegak hukum untuk memproses hukum pelaku Rasisme Ateria Dahlan

” Kami mendesak pihak kepolisian untuk memproses hukum Arteria Dahlan, karena telah melakukan ujaran kebencian terhadap penggunaan bahasa Sunda” tegas Fery Wirabuana 

"Arteria Dahlan sudah minta maaf kemarin, kita maafkan. Tapi proses hukum dan tuntutan pemecatan tetap berlanjut," ujar perwakilan Paguyuban Sunda Ngahiji Kang Fery Wirabuana, Jumat (21/1/2022).

Berdasarkan hasil audiensi dan aksi demo tersebut, DPRD Kabupaten Cianjur sepakat untuk menandatangani petisi pemecatan Arteria Dahlan. Perwakilan beberapa fraksi di DPRD, termasuk fraksi PDIP pun membubuhkan tandatangan di bentangan spanduk petisi pemecatan Arteria.

Anggota DPRD sekaligus Ketua DPC PDIP Kabupaten Cianjur Susilawati, mengatakan penandatanganan tersebut merupakan bentuk dukungan dari DPRD Kabupaten Cianjur pada pelestarian budaya dan bahasa sunda.

"Kita dukung gerakan masyarakat terhadap oknum DPR RI yang perbuatannya menyinggung masyarakat Sunda," kata dia.

Rencananya petisi tersebut akan diserahkan ke MKD agar Arteria Dahlan diberhentikan. "Kita akan bahas lagi di pimpinan dewan, tapi secepatnya kita akan serahkan ke pusat," tururnya.

Di sisi lain, Bupati Cianjur Herman Suherman, menyetujui dan mendukung gerakan masyarakat terkait desakan agar Arteria Dahlan dipecat.

"Setuju (dipecat), kita juga akan mendorong yang bersangkutan diproses sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.(HP/FW)


Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers