Dosen Unsika Dampingi Penyusunan LKPD Berbasis Android pada Pelajaran Matematika di SMPN 2 Karawang Barat


Dalam proses belajar mengajar, sangat dibutuhkan sarana penunjang yang baik agar proses belajar mengajar dapat berjalan optimal salah satunya dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Android merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Pada android sendiri memiliki berbagai fitur untuk mengembangkan aplikasi dengan mudah salah satunya mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar untuk mempermudah penyampaian materi ataupun pengerjaan tugas.

Menurut Indrie Noor Aini selaku salah satu dosen Unsika sekaligus ketua tim Pengabdian, kegiatan pembelajaran melalui media aplikasi berbasis android sangat penting dilakukan. Maka dari itu, diadakan kegiatan yang berjudul Pendampingan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Matematika yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Karawang Barat. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen dibantu dengan beberapa mahasiswa serta alumni, sehingga akhirnya program tersebut dapat dijalankan dengan baik menggunakan modal atau ilmu yang telah dipelajari sebelumnya mengenai aplikasi android. "Kita harus dapat menyesuaikan perkembangan zaman meskipun berada di tempat, ruang dan waktu yang berbeda," ujar Indrie.

Dosen lainnya, Kiki Nia Sania Effendi mengatakan bahwa aplikasi sebagai bentuk pengembangan bahan ajar, yang merupakan bagian dari sumber belajar, agar lebih mudah dipahami oleh para siswa dalam mempelajari suatu materi. Selain itu, bertujuan untuk menerapkan dan mengoptimalkan pemanfaatan perkembangan teknologi android dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pendampingan ini dilakukan dalam 3 kali pertemuan, dimana para guru tidak hanya menerima materi saja, namun juga mempraktekkan secara langsung serta dibimbing dalam pembuatan lembar kerja peserta didik masing – masing. Pada hari pertama mereka diberikan materi atau bekal secara keseluruhan mulai dari membuat lembar kerja peserta didik hingga mengubahnya kedalam aplikasi android. Hari kedua para peserta membuat sendiri lembar kerja peserta didik. Hari ketiga, mereka mengubah lembar kerja tersebut menjadi aplikasi android.

Indrie menjelaskan, pendampingan ini dilakukan untuk para guru dengan skala kecil terlebih dahulu yaitu para guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Karawang barat. Oleh karena itu hasil yang diharapkan ke depannya nanti adalah dapat mengimplementasikannya pada kegiatan mengajar mereka masing – masing, tidak hanya untuk mata pelajaran matematika saja tetapi untuk seluruh mata pelajaran yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut Ibu Ngatimah, S.Pd., selaku salah satu peserta pada kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, salah satunya membantu guru untuk melakukan inovasi dalam membuat media pembelajaran. Ia berpesan kepada tim pengabdian, agar kerjasaman ini bisa terus terjalin.

 

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers