Dari Hobi Elmo Ke Bisnis, Custom Mobil Mainan Bisa Mencapai Jutaan Rupiah.

 

Elmo saat Mengerjakan diorama untuk Diecast

Reporterjabar.com - purwakarta - Berawal dari sekadar koleksi mobil mainan hingga memodifikasi yang disebut custom diecast. Kini custom diecast made in Purwakarta Indonesia mulai disukai dan diburu para kolektor di Indonesia.

Sebelum menekuni dunia modifikasi diecast "Elmar" memulai kariernya dengan merepair diecast, Dari situlah Elmar menceritakan awalnya hanya bekerja dengan memodifikasi mobil-mobilan diecast, serta memberanikan diri untuk membuat hingga mengetahui bagaimana memodifikasi diecast yang baik. Kini Elmar yang kerap di sapa dengan "Elmo"  membuktikan kepiawaian dirinya untuk melakukan modifikasi pada diecast.

Saat ditemui,  Elmo  langsung menunjukkan kepiawaian dirinya saat melakukan modifikasi diecast yang sudah ditekuninya sejak 2017. Dengan menggunakan bahan material dari pabrikan kemudian dimodifikasi dengan penambahan desain interior atau exterior secara mendetail, Elmo membuktikan modifikasi diecast karya dirinya tidak kalah keren dibandingkan dengan pencinta Diecast di daerah lainnya, karya dirinya pun dipasarkan melalui akun Facebook.

Beberapa koleksi diorama dan diecast elmo

Memiliki hobi mengoleksi mainan mobil seringkali dianggap kekanak-kanakan, namun siapa sangka hobi seperti ini ternyata bisa menghasilkan lho. Terbukti banyaknya pesanan yang datang untuk merecondisi mobil diecast pemesan, seperti merubah bentuk mobil, cat, dan accesoris serta dioramanya.

Sebelumnya diecast hanyalah sebagai hobi mengoleksi, namun saat ini diecast juga menjadi sebuah investasi yang bagus,"

Misalnya saja "Elmo"  menjelaskan, koleksi mobil diecast yang sudah berusia puluhan tahun dikoleksi bisa dijual dengan harga yang lebih mahal.

"Dulu awalnya cuma koleksi. Main ke tempat-tempat jualan mainan terus dapat mobil-mobil kecil, 'kan banyak teman-teman yang koleksi terus kepengen'. Pas main instagram lihat ada beberapa yang dicustom, penasaran, nyoba-nyoba akhirnya sempat jadi, tapi belum bisa presisi. Terus belajar,  jadi tahu kekurangan, apa yang harus dibenahi, apa yang dirubah semua. Akhirnya, sampai sekarang bisa dijual," ujar Elmo saat ditemui, Selasa (4/1/2022).

Elmo menuturkan, bahan-bahan yang dibeli secara online baik yang ditawarkan di medsos maupun toko online. Ia menggunakan bahan-bahan dari brand, Hot Wheels dan lainnya. Kemudian dimodifikasi dengan penambahan pintu bisa dibuka, kap dibuka secara mendetail dibuatnya.

"Kebanyakan dari online ditawarkan melalui instagram, facebook, terus ada beberapa dari toko online yang menjual bahan kayak gini. Untuk bahan diecast sebenarnya saya menggunakan dari brand-brand Hot Wheels, tapi casting sendiri ada dari plastik, polyfoam,aluminium," ujar dia.

Saat ini saya memiliki lebih dari 500 koleksi diecast dari berbagai produk. Hobi mengoleksi diecast sudah saya tekuni sejak 2017," ujarnya sambil mengajak melihat koleksinya.

Hobi mengoleksi diecast ternyata sempat ditentang oleh istrinya, namun setelah tahu bahwa hobi seperti ini bisa menjadi investasi akhirnya diperbolehkan.

Kepiawaian dirinya dalam memodifikasi mobil dengan skala 1:64, membuat para kolektor jatuh hati. Bahkan karya Elmo pun telah terjual hingga keluar Jawa Barat.

"Kalau ini yang skala 1 : 64. Ada permintaan dari beberapa kolektor, Selain itu ada juga permintaan dari Jakarta," ujar Elmo,
Ia menuturkan sejak menekuni modifikasi diecast tahun 2017, Aries telah melahirkan banyak karya meski belum banyak. Hal ini dikarenakan untuk melakukan modifikasi diecast membutuhkan ketelitian dan mendetail. Satu mobil tidak bisa sehari jadi, bisa 1-2 minggu terkadang bisa memakan waktu hingga 1 bulan lebih. Bahkan ada beberapa mobil dipesan, kemudian bulan berikutnya baru jadi.

"Untuk harga jual mulai Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta, per diecast custom.  pungkasnya.(//HP).

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers