Bupati Subang lantik tiga Kades jaga amanah rakyat

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat melantik sekaligus mengambil sumpah janji jabatan kepala Desa Bobos, Mayangan, dan Legonkulon periode 2022-2028 di Aula Desa Bobos, Kecamatan Legonkulon. Senin 3 Januari 2022. 

Kepala Desa yang dilantik dan diambil sumpah jabatan tersebut diantaranya Anwar Nurjali SH sebagai Kepala Desa Bobos, Darto sebagai Kepala Desa Mayangan, dan Nahrudin sebagai Kepala Desa Legonkulon. 

Camat Legonkulon drs. Aet Rudiatna, M.Si dalam laporannya menyampaikan berkat koordinasi para panitia, perangkat desa dan masyarakat serta bimbingan dari Kang Jimat dan dinas terkait sehingga tahapan demi tahapan bisa dilalui dengan lancar dan aman. "Pilkades di Kecamatan Legonkulon dapat berjalan dengan lancar berkat ada subsidi dari Pemkab Subang, saya mengucapkan beribu terima kasih" Ujar Aet. 

Aet pun mengamanatkan kepada para kades terpilih untuk dapat mengemban amanah dengan baik dan bertanggung jawab dalam membangun desanya masing-masing.
"Perlihatkan kepada orang-orang, kepiawaian saudara-saudara dalam mewujudkan 9 Program Jawara" Pesan Aet. 

Aet pun mengungkapkan kesiapan Warga Legonkulon terhadap beroperasinya Pelabuhan Patimban, dan dibukanya jalur Patimban-Cilamaya, Aet menginginkan warga Legonkulon tidak hanya menjadi penonton saja. "Saya ingin warga Legonkulon turut andil menjadi pelaku usaha dan ekonomi" 

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Kang Jimat kepada tiga kepala desa terpilih dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Kang Jimat, plt Kadispemdes Subang, dua kepala desa terpilih, Rohaniawan, Camat Legonkulon, dan para saksi. 

Kepala Desa Bobos, Anwar Nurjali SH. mengucapkan terima kasih dan meminta bimbingan kepada Kang Jimat, Dispemdes Subang dan Camat Legonkulon selama dirinya menjabat. "Saya mohon bimbingannya, lamun abi belok, pang luruskeun, mari kita bangun Desa bobos" Tegas Anwar 

Senada dengan Anwar, Kepala Desa Mayangan, Darto mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada semua pihak penyelenggara Pilkades. 
"Terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah menyelenggarakan pilkades di Desa Mayangan sehingga berjalan aman dan lancar"  Ujar Darto 

Nahrudin, Kepala Desa Legonkulon terpilih pun menyatakan kesiapan seperti dua kades lainnya, dengan penuh haru dirinya mengungkapkan dirinya tidak akan bisa menjadi kepala desa tanpa adanya dukungan dari masyarakat.
"Hatur nuhun ka abah ka ema, hatur nuhun ka masyarakat Legonkulon, moal siga kieu mun teu aya pangrojong ti masyarakat, abi masih keneh budak carekeun sadayana, abi nyungkeun panggeuingkeun supados abi teras aya dina rel." Tegas Nahrudin. 

Mengawali sambutannya Kang Jimat mengucapkan selamat kepada ketiga kepala desa terpilih serta berpesan agar menjalankan tugas dengan amanah.
"Selamat kepada kades terpilih, yang memulai pengabdiannya di desa masing-masing" Ujar Kang Jimat. 

Kang Jimat menyatakan terima kasihnya kepada panitia di tiga desa yang telah melaksanakan pilkades dengan tertib dan aman. Kang Jimat menekankan kepada ketiga kepala desa terpilih agar memajukan desa masing-masing namun harus tetap menjalankan SOP dan peraturan yang berlaku.
"ini adalah awal, hari ini memulai untuk menjalankan amanat yang dititipkan oleh rakyat kepada bapak berdua di masing-masing desa" 

Kang Jimat juga mengajak seluruh kepala desa dan masyarakat yang hadir untuk bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang membangun Subang menjadi lebih baik. 

Selanjutnya Kang Jimat berpesan bahwa pesta demokrasi telah usai dan saatnya seluruh masyarakat kembali bersatu.
"Pesta demokrasi sudah selesai, saya minta kepada kedua kepala desa terpilih dan semua pendukung untuk kembali bersatu dalam membangun desa masing-masing. Mari kita buktikan kedewasaan dalam berdemokrasi." 

Kang Jimat pun berpesan kepada para kepala desa terpilih agar mengemban jabatan dengan penuh rasa tanggung jawab. "Saya titipkan desa yang bapak pimpin, jangan sampai bapak-bapak kena masalah hukum, saya yakin bapak-bapak bisa menjalani dengan baik" Tutur Kang Jimat. 

Kang Jimat juga menghaturkan permohonan maaf terkait terdampaknya pembangunan dikarenakan prioritas anggaran untuk penanganan covid. "Terkait pembangunan, saya mengutamakan penyelematan nyawa manusia, bisa diibaratkan kita mengumpulkan uang untuk membangun rumah, tetapi ada keluarga kita yang sakit, sebaiknya kita pilih uangnya untuk apa? Tentunya untuk yang sakit terlebih dahulu " Tutur Kang Jimat. 

Meskipun begitu, Kang Jimat mengungkapkan di tahun 2022 Jalan Patimban - Cilamaya akan dimulai pengerjaannya oleh pemerintah pusat. "Meskipun dari Pusat, tanpa perjuangan Pemerintah Daerah, moal bisa dari pusat membuat keputusan" ujar Kang Jimat. 

Mengakhiri sambutannya, Kang Jimat berdoa untuk kedua kepala desa terpilih selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT dalam menjalankan tugasnya. "SELAMATKAN DANA DESA, SELAMATKAN DANA DESA, itu intinya" Tutup Kang Jimat. 

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut berjalan dengan khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Subang, Anggota DPRD Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang, Muspika Legonkulon, dan tamu undangan lainnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers