Apel Perdana Pemkab Subang di Tahun 2022

Reporterjabar.com, Subang - Mengawali sekaligus membuka lembaran baru dalam menjalankan kewajiban sebagai Aparatur Sipil Negara, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melaksanakan kegiatan apel pagi perdana tahun 2022 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Subang, Senin (3/1/2022). 

Apel pagi merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan secara rutin yang merupakan salah satu bentuk dari upaya pembentukan pola pikir dan budaya kerja ASN Pemkab Subang. 

Bertindak sebagai Pembina Apel, Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat menyerahkan 5 unit truk angkutan sampah dan 1 unit wheel loader yang berasal dari program CSR Bank BJB, yang akan digunakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang sebagai upaya penanganan darurat sampah di Subang. 

Selain 5 unit truk dan 1 unit wheel loader, turut diserahkan program Sapapait Samamanis Jabar Bergerak Kabupaten Subang berupa 158 paket sembako untuk cleaning service/ petugas kebersihan dan pangdal (pengamanan dalam) di lingkungan Setda Subang. 

Dalam sambutannya, Kang Jimat mengucapkan selamat tahun baru 2022 kepada peserta upacara. Dirinya mengapresiasi dengan keterbatasan yang ada di 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dapat menuai keberhasilan di dalam program yang laksanakan.
"Saya apresiasi dengan banyaknya kendala di 2021 namun kita mampu mencapai keberhasilan sekalipun kita akui masih banyak kekurangan dari apa yang kita jalankan." 

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat juga menyampaikan pembangunan di Subang terus berjalan meskipun di tengah pandemi Covid-19 karena adanya kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Pemerintah Pusat. Ia menuturkan apa yang sedang dibangun saat ini adalah pondasi bagi generasi penerus Subang.
"Pembangunan hari ini untuk 50-100 yang akan datang, untuk kita wariskan ke anak cucu kita. Dengan dukungan Pemerintah Pusat, beberapa pembangunan jalan di Subang sudah masuk ke dalam perpres Nomor 87, dan insya Allah di tahun ini dikerjakan." 

Selain terkait pembangunan, Kang Jimat juga menyampaikan terkait perjuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang untuk menggunakan lahan eks HGU sebagai lahan pemukiman bagi warga miskin di Subang.
"Kita semua berupaya terkait TORA agar tanah eks HGU dapat segera menjadi aset pemda untuk tanah pemukiman rakyat miskin dan sudah mulai di beberapa desa hak gunanya sudah dikeluarkan oleh kementerian kehutanan." 

Kang Jimat menuturkan dalam masa pandemi ini salah satu fokus program Pemerintah Daerah Kabupaten Subang adalah program vaksinasi. Hingga akhir tahun 2021, angka vaksinasi di Subang sudah mencapai 70% sehingga Subang masuk ke dalam PPKM level 1. 

Selanjutnya terkait Pilkades serentak tahun 2021, Kang Jimat menghaturkan rasa terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Pilkades dengan lancar. Ia menuturkan hal tersebut tidak dapat terwujud tanpa persiapan dan kematangan seluruh pihak dalam menjalankan tupoksi sesuai SOP yang ada sehingga sinergi antara Pemkab Subang dengan seluruh pihak sangat diperlukan dalam program yang akan datang.
"Terima kasih semuanya, disadari atau tidak, walaupun bukan tupoksinya, tidak ada yang letupan-letupan antar masyarakat. Ini bukan ujug-ujug bisa aman dan tertib, ini berkat SOP yang dijalankan oleh semua pihak khususnya teman-teman Camat dan panitia. Apalah artinya saya tanpa teman-teman semua." 

Terkait bantuan dari BJB, Kang Jimat menyampaikan rasa terima kasih kepada BJB dan berpesan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang bahwa bantuan dari BJB dapat digunakan untuk menjawab permasalahan sampah yang ada di Subang. 

Di akhir sambutannya, Kang Jimat menyinggung perubahan beberapa pejabat struktural menjadi fungsional agar tidak menjadi penghambat dalam bekerja. 

Turut hadir para Camat, Ketua Jabar Bergerak, Perwakilan BJB, anggota Satpoldamkar, dan ASN lingkup Setda Kabupaten Subang.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers