Webinar Kelompok KKN 93: Penguatan Business Mentality Bagi Pelaku Usaha Melalui Pemanfaatan Digital Marketing di Era Disrupsi



Pandemi covid-19 memberikan pengaruh pada pelaku bisnis, yang awalnya semua kegiatan dapat dilakukan secara offline saat ini hanya dapat dilakukan secara online. Adanya pandemi ini, membuat pelaku bisnis harus memutar otak, mengubah kebiasaan agar tetap dapat berbisnis di era disrupsi. Apabila pelaku bisnis tidak bisa beradaptasi dengan era disrupsi, maka akan salah satu hal yang akan terjadi yaitu pebisnis gulung tikar karena kehabisan strategi untuk memasarkan produknya.

Kepala Desa Kalijati yaitu Bapak Deny Supriatna, S.E. menyatakan bahwa, BUMDes Sejahtera milik Desa Kalijati Kecamatan Jatisari merupakan BUMDes terbaik di Karawang dengan beberapa usaha yang dijalaninya, seperti kopi sejahtera, air minum isi ulang, dan gas LPG. Kopi sejahtera sangat dikenal dikalangan warga Desa Kalijati bahkan sudah menjadi ciri khas Desa Kalijati. Selain itu Desa Kalijati juga memiliki banyak UMKM yang sudah cukup lama didirikan, seperti Seblak Malamila, Keripik Pisang Ibu Uwi, Rengginang Sari Rasa, Kue Bolu Mbun Nazvi, Telur Asin, dan Kerupuk Sorodot Kembang Rose. Desa Kalijati juga terkenal dengan pertaniannya yang memiliki lahan subur dan hasil panen yang berkualitas, tidak hanya padi namun ada beberapa tanaman yang ditanam menggunakan teknik hidroponik, misalnya sawi, pakcoy, selada, dan tanaman lainnya.

Direktur BUMDes Desa Kalijati, Ibu Mira Agustina, S.Sos. menyatakan “Pengelolaan BUMDes belum dilakukan secara maksimal karena belum ada tim marketing,” tuturnya saat kami melakukan kegiatan sosialisasi pada Senin, 27 September 2021. Warga pun merasakan hal yang sama, mereka kesulitan dalam memasarkan produk UMKM maupun hasil panen dan mereka berharap agar pasar mereka dapat bertambah luas karena hal ini dapat meningkatkan perekonomian di Desa Kalijati.

Untuk mengatasi permasalahan ini, mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 93 dengan judul program pengabdian “Pelatihan Manajerial Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Kalijati Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang” berinisiatif untuk mengadakan webinar dengan tema “Penguatan Business Mentality Bagi Pelaku Usaha Melalui Pemanfaatan Digital Marketing di Era Disrupsi” yang diselenggarakan pada hari Rabu, 24 November 2021 secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang dihadiri oleh 40 orang peserta. Tujuan daripada webinar ini dilaksanakan adalah untuk membantu warga Desa Kalijati Kecamatan Jatisari dalam memasarkan produknya. KKN ini didampingi oleh Ibu Evi Priyanti, S.IP., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang juga berstatus sebagai dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsika. Kelompok KKN 93 mengundang Bapak Marhisar Simatupang, M.Psi. selaku dosen Psikologi Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang sebagai Pembicara, sedangkan Ibu Evi Priyanti, S.IP., M.Si. bertugas sebagai moderator, dan Elly Fitriani sebagai MC.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers