Wakil Bupati Subang Perkenalkan Permainan Tradisional untuk Pelajar SD di Kabupaten Subang

Reporterjabar.com, Subang - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau akrab disapa Kang Akur menghadiri sekaligus membuka kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat Sekolah Dasar antar Kecamatan se-Kabupaten Subang tahun 2021 di Lapang Bintang Subang. Kamis (2/12/21).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang Tatang Supriyatna dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan invitasi olahraga tradisional dilaksanakan selama 2 hari dilapang Bintang Subang dengan peserta dari anak-anak SD perwakilan tiap kecamatan sebanyak 30 orang.

Tujuan dari kegiatan invitasi olahraga tradisional tingkat Sekolah Dasar antar Kecamatan se-Kabupaten Subang tahun 2021 untuk mewujudkan kesehatan dan kebugaran anak didik tingkat Sekolah Dasar di masa pandemi.

Sasaran kedepannya untuk menyiapkan para juara untuk dikirim ke tingkat provinsi bahkan tingkat nasional. Untuk tahun 2022 direncanakan Subang akan menjadi tuan rumah invitasi olahraga tradisional tingkat Nasional.

Cabang lomba pada invitasi olahraga tradisional tersebut yaitu lomba egrang, sumpitan, tarumpah panjang, hadang dan dagoangan.

Kang Akur mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah berupaya agar kegiatan yang terlaksana dengan baik dengan harapan dengan adanya kegiatan tersebut dapat menumbuhkan bibit-bibit atlet olahraga tradisional yang berprestasi dan juga melestarikan olahraga tradisional sebagai peninggalan budaya bangsa Indonesia.

Event lomba invitasi olahraga tradisional sebagai upaya melestarikan budaya olahraga tradisional yang merupakan permainan asli rakyat adalah aset budaya bangsa yang memiliki semangat kebersamaan dan unsur olah fisik tradisional sehingga keberadaannya perlu dilestarikan agar keberlangsungannya tetap terjaga.

Mengingat perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat para generasi bangsa khususnya para pelajar kurang mengenal bahkan tidak tahu adanya olahraga tradisional. Padahal tidak kalah menariknya dengan permainan yang ada di handphone ataupun perangkat digital lainnya.

Kegiatan olahraga tradisional banyak sekali mengandung nilai-nilai pendidikan, memberikan rasa senang gembira dan ceria pada anak serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Kang Akur bersama Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI)  yang salah satu membidangi olahraga tradisional akan terus menggelorakan olahraga tradisional ke seluruh masyarakat Subang supaya tetap lestari dan kegiatan even ini akan terus dilaksanakan setiap tahun bahkan bukan hanya untuk tingkat SD saja akan tetapi akan di tingkat SMP, SMA bahkan masyarakat umum.

Kang Akur membuka kegiatan tersebut ditandai dengan mencoba salah satu cabang yang dilombakan yaitu olahraga tradisional sumpitan didampingi oleh Kadisparpora Subang Tatang Supriyatna dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers