Unsika Bidik Generasi Muda dalam Program Literasi Komunikasi Bahasa Inggris




Persaingan dunia kerja di Indonesia saat ini sangat kompetitif. Hanya mereka yang memiliki keterampilan yang banyak tersaring masuk dunia kerja. Mereka yang tidak memiliki keterampilan yang mencukupi akan sulit memasuki lapangan kerja. Oleh karena itu semua generasi muda Indonesia termasuk Karawang harus berjibaku untuk terus meningkatkan kapasitas mereka di belbagai aspek. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan keras (hard skill) atau keterampilan lunak (soft skill). Terlebih lagi di Karawang, sebagai kota industri yang memiliki standar UMR sangat tinggi, para pencari kerja harus siap bersaing di kampung sendiri dengan pencari kerja yang datang dari belbagai daerah.

Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) memahami dan merespon kondisi tersebut dengan belbagai terobosan untuk membangun kapasitas masyarakat, termasuk kompetensi Bahasa asing (Bahasa Inggris) bagi para pemuda. Saat ini kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris menjadi tuntutan di dunia kerja. Terlebih lagi Karawang sebagai kota industri yang memiliki ribuan perusahaan nasional, multinasional dan internasional sering menjadikan kompetensi komunikasi dalam Bahasa Inggris menjadi syarat utama. Oleh karena itu Unsika melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengadakan pelatihan bahasa untuk siap kerja pada tahun 2021 ini.

Program tersebut membidik generasi muda melalui Karang Taruna AMSI Sari Indah, Karawang Wetan, Karang Timur dengan mengadakan pelatihan dengan topik “Literasi Komunikasi Bahasa Inggris: Meningkatkan Kompetensi Generasi Muda Siap Kerja”. Pelatihan tersebut berfokus pada penulisan Riwayat Hidup (CV), lamaran kerja, wawancara seleksi kerja, yang semuanya dalam Bahasa Inggris. Selain itu mereka juga mendapatkan tips dan trik menghadapi tes Bahasa Inggris (TOEFL) saat melamar kerja. Dengan dimentori oleh dosen-dosen dari Program Studi Bahasa Inggris FKIP Unsika yaitu Mobit, S.Pd., M. Pd. dan Hilmansyah Saefullah, S.S. M. Pd. pada tanggal 21 November 2021, kegiatan tersebut berlangsung sangat komunikatif. 

Pelatihan tersebut dilatarbelakangi oleh kepedulian Universitas Singaperbangsa untuk memberikan tambahan nilai bagi generasi muda agar mampu bersaing di dunia kerja. Hal itu disampaikan oleh Mobit, salah satu pemateri, “Bahwa pelatihan ini menjadi sangat penting untuk generasi muda, karena kita bersaing dengan ribuan orang yang sama-sama mencari kerja di Karawang. Dengan nilai UMR yang sangat tinggi, Karawang menjadi daya tarik tersendiri bagi pencari kerja dari belbagai daerah di Indonesia”, ujarnya. Melalui acara tersebut diharapkan generasi muda di Karawang mampu untuk berkompetisi dalam memasuki lapangan kerja, sehingga akan secara maksimal dapat berkontribusi positif dalam perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja kelak.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers