Tinjau Pembangunan Lumbung Pangan, Bupati Indragiri Hulu Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara Air Molek, Riau


Air Molek - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, S.E. bersama jajaran  hari ini berkunjung ke Kampung Tangguh Nusantara Air Molek binaan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB),  yang dikelola oleh Acun Basuni pada Jumat (3/12/2021)

Kunjungan ke lokasi kebun tersebut dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan pembangunan lumbung pangan, akses jalan ke lokasi,  pelaksanaan panen jagung, pembangun rumah serta perkebunan jambu kristal.

Dalam kunjungan Bupati tersebut, Ketua DPD FKDB Provinsi Riau, sekaligus Duta Petani Milenial, Ridwan Nurbaqin, S.M. menyampaikan bahwa kedepannya wilayah ini, dengan berbagai resource yang sudah ada, dijadikan kawasan agrowisata. 

"Kita lakukan ekstensifikasi dengan alih fungsi lahan sawit, menjadi lokasi penanaman sayuran, dimana yang dikenal saat ini selain sayuran adalah petani penangkar benih dan penyalur benih," tutur Ridwan Nurbaqin.

Sementara Bupati Indragiri Hulu, menyampaikan bahwa dengan adanya perbaikan akses jalan diharapkan dapat memudahkan aktivitas petani, menambah nilai jual harga produksi petani. 

"Apalagi dengan adanya lumbung pangan bisa menambah kapasitas produksi pertanian karena tersedianya tempat penyimpanan hasil pertanian. Selain itu, menjadi tempat edukasi dengan menjadikan lokasi ini sebagai kawasan agrowisata," kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati merencanakan sekitar tanggal 21/22 Desember akan dilakukan peresmian lumbung pangan dengan dihadiri oleh pejabat dinas terkait.

Perlu diketahui bahwa pendirian Lumbung Pangan Masyarakat tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Peningkatan Bidang Pertanian Tahun 2021-Kementerian Pertanian RI sesuai Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Nomor 311/DKP/VIII/2020 tentang Penunjukan dan Penetapan Gapoktan Penerima Bantuan Lumbung Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2021.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers