Syarat Bepergian Natal dan Tahun Baru


Reporterjabar - Dengan Dibatalkannya PPKM level 3 , Masyarakat selama 24 Desember 2021-2 Januari 2022 tidak dilarang bepergian meskipun dengan persyaratan yang dinyatakan.
Untuk perjalanan jarak jauh lewat darat, diwajibkan tes antigen dengan hasil negatif 1X24 jam sebelum perjalanan.
Perjalanan lewat udara, diwajibkan tes PCR dengan hasil negatif 3X24 jam sebelum perjalanan. Syarat perjalanan ini berlaku juga untuk anak-anak.

Sementara untuk orang dewasa yang belum lengkap menerima vaksin, pemerintah melarang perjalanan jarak jauh bagi mereka.
iberlakukan pengetatan dengan 3 syarat penting yang harus dipenuhi masyarakat yang hendak bepergian saat Nataru. Adapun pengetatan itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi varian baru Covid-19, yakni Omicron.

Berikut ini rangkum 3 syarat penting perjalanan saat libur Nataru 2021 berikut:
1.Vaksinasi dosis lengkap
Bagi masyarakat yang hendak bepergian, mereka harus sudah divaksinasi dosis lengkap. Untuk anak usia di bawah 12 yang belum divaksinasi, mereka wajib dites PCR terlebih dulu sebelum keberangkatan.
2.Wajib punya aplikasi PeduliLindungi
Pedulilindungi adalah aplikasi yang wajib terunduh di smartphone setiap orang yang melakukan perjalanan saat libur Nataru.
Nantinya, pelaku perjalanan wajib melakukan scan QR Code sebelum naik transportasi umum yang menunjukkan status vaksinasi
3.Wajib terapkan protokol kesehatan ketat
Meski sudah divaksinasi lengkap, pelaku perjalanan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sesuai anjuran pemerintah, masyarakat yang bepergian juga dilarang untuk terlibat dalam perkumpulan acara besar di atas 50 orang.
Dengan ketentuan ini, konser dan acara pergantian tahun yang menimbulkan kerumunan massa dalam jumlah banyak juga tidak diperbolehkan. (IH)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers