Sekda Subang Menghadiri Peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat bersama KPA Kabupaten Subang

Reporterjabar.com, Subang - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si atau akrab disapa Kang Asep Nuroni menghadiri peringatan hari AIDS Sedunia tingkat Provinsi Jawa Barat secara virtual yang bertempat di Kantor KPA Kabupaten Subang, Rabu 1 Desember 2021.

Peringatan Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember merupakan peringatan rutin tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global epidemi dari AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) dan penyebaran HIV (Human Immunodeficiency Virus). HIV tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat utama yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Peringatan ini juga untuk mereka yang terkena penyakit tersebut. Dengan tema hari AIDS tahun 2021 adalah "Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS" terdapat beberapa poin penting yang dikampanyekan, salah satunya adalah Berkomitmen untuk Mengakhiri Penyebaran HIV AIDS. Ketidaksetaraan sosial masyarakat secara terus-menerus serta bahaya pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai membuat kesehatan manusia terancam. Kampanye ini mengajak masyarakat agar lebih berhati-hati demi berakhirnya penyakit HIV AIDS di tahun 2030.

Dalam peringatan Hari AIDS Sedunia kali ini, Provinsi Jawa Barat mengadakan pertemuan secara virtual yang dipimpin langsung oleh ASDA 1 Provinsi Jawa Barat mewakili Sekda Provinsi Jawa Barat dengan didampingi oleh Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jawa Barat bersama dengan seluruh Sekda maupun Ketua Penanggulanggan AIDS Daerah seluruh Jawa Barat. Tahun 2021 pemerintah Provinsi Jawa Barat tetap menunjukkan komitmennya dengan memberikan dukungan dana hibah kepada Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jawa Barat untuk menjalankan fungsi koordinasi, fasilitasi dan advokasi dalam mendorong tercapainya target indikator pemerintah yakni menurunkan angka insidensi HIV sebesar 0,18 dan peningkatan angka ODHIV yang mendapatkan pengobatan Anti Retroviral (ARV) (on art) sebesar 60%.

Melalui peringatan hari AIDS sedunia 2021 ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat memahami bahwa keterlibatan kelompok masyarakat terdampak di pusat respon HIV melalui peran KPA yang berkelanjutan menjadi kunci utama dalam Penanggulangan HIV AIDS di Jawa Barat kini dan di masa depan.

Dalam kesempatan tersebut, secara bersamaan KPA Kabupaten Subang secara simbolis melakukan pemotongan Tumpeng sebagai peringatan Hari AIDS Sedunia yang dilakukan langsung oleh Kang Asep Nuroni. Dan diserahkan langsung kepada salah satu perwakilan ODHA yang turut hadir dalam peringatan tersebut. Dalam kesempatan tersebut Kang Asep Nuroni mengucapkan Pemerintah Kabupaten Subang akan terus berupaya dan mendukung gerakan maupun sosialisasi KPA Kabupaten Subang dalam mencegah penyebaran penyakit AIDS/HIV dan membantu para ODHA untuk terus bersemangat tanpa merasa terkucilkan.

Selanjutnya, pembagian Sembako yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KPA Provinsi Jawa Barat disalurkan melalui KPA masing-masing Daerah untuk diserahkan kepada ODHA, Kabupaten Subang salah satunya yang tersalurkan bantuan Sembako tersebut dan memberikan secara langsung kepada perwakilan ODHA yang hadir.

Turut hadir mendampingi Sekda Subang, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Subang, dan jajaran KPA Kabupaten Subang. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers