Penggalangan Dana Si Pocong Imut Bersama PASKI

Reporterjabar.com-PASKI Subang-Bencana yang terjadi di daerah Lumajang memantik keprihatinan publik. Sejumlah elemen bergotong royong membantu korban bencana alam tersebut.

Bencana alam kembali terjadi. Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur alami erupsi pada 5 Desember 2021. Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mencatat sebanyak 2.970 rumah dan 13 fasilitas umum berupa jembatan, sarana pendidikan, dan tempat ibadah mengalami kerusakan.

Bencana alam di dua Kabupaten tersebut mengundang empati publik. Salah satunya PASKI ( PERSATUAN SENIMAN KOMEDI INDONESIA) dan Rangga Angklung Subang.Yang di motori oleh Aplez badut dan bally serta Miril dari Rangga Angklung, .Mereka melakukan aksi penggalangan dana untuk korban bencana di Lumajang. "Dari Rabu kita sudah bergerak. Rencananya sampai hari Minggu besok.
Alhamdulillah sampai hari kedua ini kita udah mengumpulkan Rp. 800.000 ," kata Aplez badut dan Baly Adzkiya

Penggalangan dana dilakukan di sekitar kawasan lampu merah sinta atau disebut dengan tugu tani, Subang dengan menyasar donasi dari para pengendara yang melintas.

Saat dijumpai, Aplez Badut  selaku Koordinator Donasi menjelaskan bahwa kegiatan yang ia lakukan bersama dengan sejumlah rekannya ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas dari pelaku seni di Subang bagi korban bencana alam.

Ada yang menarik dalam penggalangan dana ini, Aples Badut (PASKI SUBANG) berkolaborasi dengan Rangga Angklung, selama penggalangan dana dimana  para pengguna lalulintas di suguhkan berbagai atraksi dari badut pocong dengan di iringi alunan musik angklung.

Aksi penggalangan dana dilakukan di sejumlah titik keramaian warga nantinya, seperti pasar dan alun-alun Subang. Menurut Aplez aksi penggalangan dana ini sebagai ikhtiar membantu para korban.

"Kita tidak pernah membayangkan jika kita ada di kondisi seperti mereka. Saat kami dalam keadaan baik-baik saja, kami terpanggil untuk bisa membantu saudara kami yang terkena musibah," kata Aplez Badut.

Hasil penggalangan dana ini rencananya akan dikirim ke korban bencana di Lumajang dan Patimban secara langsung. "Mudah-mudahan, dengan aksi kecil ini bisa membantu saudara kita di sana sambil memberikan trauma healling." imbuhnya(//HP)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers