Lanud Suryadarma Turunkan 1 SST Amankan Pilkades Serentak di Subang

Reporterjabar.com, Subang - Lanud Suryadarma menurunkan pasukan sedikitnya 1 SST untuk bergabung dengan personil Polres Subang dan TNI lainnya di wilayah Subang Jawa Barat. Untuk mengawal pelaksanaan Pilkades yang diikuti 200 calon kepala desa di 58 Desa di wilayah Kabupaten Subang yang secara serentak dilaksanakan hari ini, Minggu (19/12.2021).

Ribuan personil gabungan diterjunkan ke lokasi untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades termasuk dari pasukan Lanud Suryadarma yang diberikan kepercayaan untuk mengamankan di dua kecamatan di wilayah Kabupaten Subang yaitu daerah Kecamatan Ciasem yang melaksanakan Pilkades di 2 desa dan di kecamatan Blanakan yang melaksanakan Pilkades di 8 Desa.

Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB melalui Dansathanlan Letkol Pas Agus Sutopo, S.Pd, menyampaikan kepada anggota Lanud Suryadarma yang diperbantukan ikut pengamanan Pilkades serentak di harus melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. "Ikuti apa yang diperintahkan oleh pimpinan dilapangan agar tidak terjadi hal-hal yang diluar kewenangan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Oleh karena itu sambung dia hindari sikap dan tindakan arogan yang tidak mencerminkan jati diri TNI sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. "Lakukan deteksi dini agar segala permasalahan yang menimbulkan gangguan kamtibmas dapat dicegah sedini mungkin," jelas Dansathanlan

Dansathanlan juga menyampaikan kepada seluruh jajaran personel Lanud Suryadarma untuk tetap meningkatkan kewaspaan dalam pengamanan dan laksanakan penggelaran kekuatan pada tempat tempat konsentrasi massa yang telah ditentukan oleh Kodim Subang. "Jaga netralitas selaku aparat keamanan yang terlibat pengamanan pilkades," tegas Letkol Pas Agus Sutopo.
 
Pada kesempatan itu juga Dandim 0605/Subang, Letkol Czi. Irsad Wilyarto menyampaikan pihaknya akan mengamankan jalannya Pesta Demokrasi pemilihan kepala Desa di 58 Desa.

"Kita wajib mendukung dan mengamankan kegiatan tersebut agar berjalan kondusif, Apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan yang menimbulkan kerawanan, kita harus tetap melaksanakan pengamanan secara profesional," pungkas Letkol Czi Irsad Wilyarto. (Rilis SDM)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers