KKN Unsika 117 Beri Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT bagi Guru SMK dan Bangkitkan Mutu Bahasa Inggris Siswa SMK di Kabupaten Karawang



Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang kelompok 117 Tahun Akademik 2021/2022 berhasil menyukseskan programnya dalam kegiatan KKN yang dilakukan di SMK SAINTEK Nurul Muslimin Batujaya Karawang. Program kerja yang dilakukan kelompok KKN 117 UNSIKA ini ada dua, yaitu program utama dan program pendukung. Program utama yang diberikan adalah melakukan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT kepada guru-guru SMK damembangkitkan kualitas Bahasa Inggris dan mengembangkan media ICT pada Guru dan Siswa. Sementara itu, program pendukungnya berupa pelatihan bahasa Inggris bagi siswa SMK kelas X, XI, dan XII untuk semua jurusan yang ada di SMK SAINTEK Nurul Muslimin Karawang.

Pelaksanaan kegiatan KKN 117 UNSIKA ini berlangsung dari mulai bulan September sampai dengan November 2021.

Nina Puspitaloka, S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 117 UNSIKA mengemukakan bahwa: “Program-program dari kelompok KKN yang ia bimbing ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan terhadap beberapa media pembelajaran berbasis ICT yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Diharapkan dengan adanya pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT ini, kompetensi guru dapat meningkat dan kegiatan belajar mengajarpun menjadi lebih efektif dan menyenangkan terutama di masa pandemic Covid-19 ini”.

Disamping memberikan pendampingan kepada guru, program KKN 117 UNSIKA juga memberikan pelatihan bahasa Inggris yang sesuai dengan jurusan/ program keahlian yang ada di SMK SAINTEK Nurul Muslimin Karawang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan mutu siswa dalam menggunakan bahasa Inggris, sehingga saat mereka lulus, dapat menjadi nilai tambah dalam mencari pekerjaan”. ujar Nina selaku Dosen Pembimbing.

Selanjutnya Andrian hadi selaku ketua pelaksana program KKN juga mengatakan bahwa: “Diharapkan program ini dapat memberikan manfaat untuk para guru dan siswa.

 

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers