Catat: Persiapan Jalan Tol Sambut Nataru

Tol Tangerang-Merak

Astra Tol Tangerang-Merak senantiasa melakukan peningkatan layanan, meliputi layanan operasional dan infrastruktur yang siap melayani pengguna jalan saat mengisi momen Nataru tahun ini.

Peningkatan Kenyamanan dan Keselamatan dilaksanakan melalui optimalisasi layanan TIP, termasuk penyediaan vending machine top up uang elektronik serta optimalisasi monitoring CCTV yang berjumlah 40 unit di jalur dan 20 CCTV di rest area. Peningkatan Layanan Traffic Management juga dilaksanakan Astra tol Tangerang–Merak melalui penyebaran informasi (21 unit VMS, Twitter, Radio),

Pengaturan lalu linas, optimalisasi perambuan, dan optimalisasi layanan transaksi dengan penambahan 30 unit mobile reader, memastikan Gardu Ultralight dan struk online diimplementasikan dengan baik.

Astra Tol Tangerang-Merak memastikan infrasturktur jalan tol sepanjang 144 KM (jalur A dan B) dalam kondisi baik, bebas dari aktivitas pekerjaan peningkatan jalan, serta menyiagakan petugas pemeliharaan untuk mengantisipasi kondisi darurat infrastruktur dan sarana-prasarana jalan.

Astra Tol Tangerang -Merak memastikan implementasi Himbauan BPJT-ATI terfokus pelayanan TIP pada ketersediaan sarana ibadah, Toilet, dan BBM.

Call Centre :

Tol Tangerang-Merak, (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79,

twitter @tol_mms dan Instagram

@astratoltamer.

Tol Cikopo-Palimanan

Dalam menghadapi layanan Nataru, ASTRA Tol Cipali telah menambah 4 unit gardu satelit di Gerbang Tol Palimanan, dengan 14 gardu utama, 7 GTO, 3 gardu satelite arah Palimanan dan 5 arah Cikopo yang dapat dipoerasionalkan secara maksimal ada 22 gardu arah Palimanan dan 22 gardu arah Cikopo. Pada layanan lalu lintas dan keselamatan, ASTRA Tol Cipali melayani pengguna jalan dengan 12 unit kendaraan Patroli, 15 unit Derek, Rescue 2 unit, Ambulance 5 unit dan PJR 6 unit. Untuk memantau lalu lintas dan kecepatan kendaraan pengguna jalan tersedia 166 unit CCTV dan 1.200 unit lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) di sepanjang Ruas Tol Cipali. Pada layanan fasilitas pendukung, ASTRA Tol Cipali menyediakan 8 rest area yang terdiri dari rest area Tipe A dan Tipe B. Salah satu rest area yang dikelola langsung oleh Astra Tol Cikopo- Palimanan rest area Tipe B KM 130 A 'Resta Titirah Kahirupan' yang telah direjuvenasi dan dapat dimanfaatkan oleh semua jenis kendaraan. ASTRA Tol Cipali juga telah menyiagakan 350 personil Satgas Nataru yang terdiri dari petugas patrol, derek, medis, rescue, PJR dan security.

Call Centre :

Tol Cikopo-Palimanan (0260) 7600 600

Tol Jombang-Mojokerto

Demi keamanan pengguna jalan, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto menyiapkan CCTV di lajur setiap 500 meter pada seksi 2 dan 3. Saat ini telah terpasang sebanyak 96 CCTV di lajur dan 4 CCTV di rest area.

ASTRA Tol Jombang-Mojokerto dilengkapi 14 Gardu Tol Otomatis dengan reader multi golongan: 12 GTO multi class dan 2 GTO single class. Di ruas tol ini juga tersedia 3 Patroli Lalu Lintas, 1 Rescue, 2 Ambulance, 4 Derek, 1 Truk Crane, 1 kendaraan tangka air dan 2 PJR dari kepolisian. 251 personil Satgas Nataru dipastikan siaga mewujudkan Nataru SETUJU yang mengutamakan keamanan para pengguna jalan.

Bersama dengan Polres Jombang, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto telah menyiapkan 3 pos pengamanan yang berada di akses GT Mojokerto Barat, Jombang dan Bandar.

Terdapat 13 VMS, yakni 2 di mainroad, 3 di masing-masing akses GT Mojokerto Barat, Jombang dan Bandar, serta 8 di dekat gardu transaksi. Sebagai bentuk implementasi protokol Kesehatan, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto menyediakan fasilitas layanan berupa struk digital.

Call Center :

Tol Jombang-Mojokerto (0321) 888 123

Tol Surabaya-Mojokerto

Tol Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) telah menyiapkan sejumlah langkah guna memastikan kelancaran momen Nataru. Akan dilakukan monitoring kondisi lalu lintas melalui 44 CCTV di gerbang tol, rest area, akses simpang susun, Jembatan dan percepatan distribusi informasi kondisi lalu lintas kepada pengguna jalan melalui VMS yang ada di di Km 745 (B), Km 712 (A), dan Km 728 (entrance Krian).

Sedangkan untuk layanan lalu lintas, saat ini telah tersedia 1 unit rescue, 2 ambulance, 3 PJR dan 3 derek serta sejumlah 172 personil Satgas Nataru. Mencegah penyebaran virus Covid-19, penerapan protokol Kesehatan terutama dijalankan di rest area di Km 725A dan 726B. Ambulans khusus pun dipastikan tetap siaga.

 

Call Centre

Tol Surabaya-Mojokerto (031) 7877 766 / 0822 1182 6677

Tol Semarang-Solo

PT Trans Marga Jateng, pengelola ruas tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 KM, telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas pendukung serta layanan jelang Lebaran. Untuk menjamin keamanan pengguna jalan, Tol Semarang-Solo telah dilengkapi dengan peralatan penunjang keselamatan dan rambu-rambu seperti VMS, rumble strip, flip flop lamp, dan jalur penyelamatan.

Petugas beserta kendaraan operasional pendukung juga telah disiapkan seperti 5 patroli lalu lintas, 3 ambulance, 6 derek, 2 Rescue dan 4 PJR dari kepolisian.

Untuk menunjang kenyamanan terutama bagi pengguna jalan yang lelah dan ingin beristirahat, Tol Semarang-Solo telah menyediakan 1 TIP kategori A yang beroperasi penuh yaitu TIP KM 429 A (arah Solo) dengan area yang luas dan fasilitas cukup lengkap.

TMJ juga mengoperasikan rest area fungsional lainnya yaitu TIP KM 487 A dan B dengan fasilitas tempat parkir, musholla, dan toilet yang memadai. Unik, di ruas tol ini juga terdapat Resta pendopo 456 berdiri di atas lahan seluas 3,3 ha dan memiliki desain arsitektur yang sangat ikonik khas Jawa Tengah. Resta Pendopo KM 456 tidak hanya menghadirkan fungsi 3P (Park, Pee, Pray) seperti TIP pada umumnya, namun juga menghadirkan fungsi Play dan Pay, sehingga menjadi 5P. Kedua tambahan fungsi tersebut didukung dengan fasilitas unggul yang dilengkapi dengan inovasi teknologi.

Call Centre

Tol Semarang-Solo (024) 1500088, 08112756080

Tol Kunciran-Serpong

Jalan Tol Ruas Kunciran-Serpong sepanjang 11,135 Km yang dikelola oleh PT Marga Trans Nusantara

(MTN), akan mengoptimalkan berbagai sarana pendukung kelancaran arus lalu lintas jalan tol. Saat ini sudah terpasang 38 CCTV yang tersebar di seluruh gerbang tol, lajur tol, dan di beberapa Interchange sepanjang jalan tol. Selain itu MTN mempunyai VMS yang sudah terpasang di 6 titik akses masuk jalan tol guna memberikan informasi terupdate untuk pengguna jalan sebelum memasuki ruas tol. Bagi pengguna jalan yang membutuhkan informasi dapat menghubungi call center yang siap melayani selama 24 jam. Pada momen Nataru ini, MTN telah mempersiapkan 2 unit mobil Patroli Jalan Raya, 2 unit mobil Layanan Jalan Tol, 1 unit mobil Ambulan, 1 unit mobil Rescue, 1 unit mobil Kamtib serta sejumlah personil Satgas Nataru yang dikerahkan untuk siap siaga melayani selama 24 jam untuk membantu pengguna jalan yang mengalami gangguan di ruas tol ini.

 

Call Centre :

Tol Kunciran-Serpong 14080

Tol JORR I W2N (KEBON JERUK-ULUJAMI)

PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) yang merupakan badan usaha jalan tol Ruas Tol JORR I W2N (Ulujami-Kebon Jeruk) turut mendukung upaya pengendalian transportasi pada momen Nataru 2021. MLJ memastikan kondisi jalan dalam keadaan baik dan mengoptimalkan 38 gardu transaksi yang dilengkapi dengan 13 lajur on board unit (OBU) serta penambahan 3 unit mobile reader.

Tersedia layanan Lalu Lintas MLJ yaitu sebanyak 1 unit ambulans, 1 unit rescue truck, 2 unit kendaraan patroli, 2 unit derek, 1 unit keamanan dan ketertiban dan 2 unit PJR siap siaga 24 jam.

Fasilitas keamanan MLJ dilengkapi dengan 14 warning light dan 30 CCTV, dan 2 lokasi parking bay 13+025 A serta KM 10+700 yang juga tersedia mushola. Layanan informasi juga dioptimalkan siaga 24 jam melalui 25 unit VMS, sentra informasi komunikasi, media sosial akun resmi twitter @MLJ_info dan Posko Pam Lalin di KM 10+700 arah Kebon Jeruk. MLJ memastikan 9 pompa air berfungsi dengan baik pada lokasi potensi genangan yang terletak di akses keluar Meruya Srengseng dan underpass Jalan Saidi Raya. Sebanyak 80 personil Satgas Nataru dipastikan siap melaksanakan tugas melayani pengguna jalan tol.

 

Call Centre :

Tol JORR I W2N 14080, Sentra Informasi Komunikasi Monitoring Tol MLJ 0813-8031-6339, Twitter

@MLJ_info, Instagram @margalingkarjakarta.

  (Adv)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers