Bupati Subang: "Deklarasi Damai Bukan Seremonial, Jalankan Dengan Profesional"

Reporterjabar.com, Subang - Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi atau dikenal sebagai Kang Jimat-Akur menghadiri acara deklarasi damai dalam rangka pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, di Polres Subang, Kamis (2/12/2021).

Deklarasi damai ini sendiri dihadiri oleh perwakilan bakal calon kepala desa dari 58 desa di 20 kecamatan se- Kabupaten Subang yang akan mengadakan Pilkades serentak. Pilkades serentak ini sendiri akan diikuti oleh 200 orang calon kepala desa dan dilaksanakan pada 19 Desember 2021 mendatang.

Dalam sambutannya Kapolres Subang AKBP Sumarni menyampaikan bahwa Ketertiban dan keamanan dalam perencanaan dan pelaksanaan pilkades serentak tidak akan terlaksana jika tidak adanya Komitmen bersama untuk menjaga kondusifitas. Kapolres juga mengajak untuk selalu berkompetisi secara positif, berikan yang terbaik, dan tidak saling menjatuhkan. "Polres Subang siap mengamankan dan mengawal Pilkades serentak". Ujar Kapolres Subang.

Sementara itu, Dandim 0605 Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto menyampaikan bahwa pemimpin harus bisa menjadi Orang tua, guru dan tauladan bagi masyarakat. Dirinya berharap bahwa para calon kades mampu mengajak masyarakat dan pendukungnya untuk menjaga kondusifitas. Dandim juga mengatakan, Pilkades adalah salah satu bentuk demokrasi di NKRI dan harus memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memajukan daerahnya masing-masing.
"Jadilah pemimpin yang sejati, pemimpin yang menggunakan hati" Ujar Dandim.

Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada para panitia yang telah mengupayakan kegiatan deklarasi damai pilakdes serentak yang demokratis, aman dan damai. Kang Jimat juga mengajak untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan pilkades dengan membangun komitmen diantara seluruh peserta.

Kang Jimat menyampaikan bahwa dengan adanya kesatuan tekad yang kuat serta kesepakatan bersama, menjadi kekuatan untuk membangun kebersamaan dan jiwa sportivitas seluruh peserta pilkades. "Keberhasilan pilkades sangat ditentukan kerjasama dan koordinasi semua pihak." Ucapnya.

Kang Jimat juga mengajak kepada semua pihak, untuk melaksanakan pilkades sesuai dengan aturan yang berlaku dan laksanakan dengan aman, nyaman dan damai. "Deklarasi damai Jangan hanya seremonial saja, jalankan secara profesional" pungkas Kang Jimat.

Pada kesempatan tersebut dibacakan Deklarasi Damai oleh salah satu calon kepala desa Ali Warsa dan diikuti oleh seluruh Bakal Calon Kepala Desa. Selain itu Kang Jimat dan jajaran Forkopimda serta para bakal calon kepala desa yang hadir menandatangani deklarasi damai sebagai bukti bahwa pilkades serentak yang akan dilaksanakan akan berjalan kondusif, aman, nyaman dan damai.

Turut hadir pada acara tersebut Jajaran Forkopimda atau yang diwakili, Kasatpoldam, Kadispemdes, Forkopimcam serta para perwakilan calon kepala desa baik secara langsung maupun secara virtual.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers