Antisipasi banjir Dewan Da'wah lakukan reboisasi tepi sungai

Reporterjabar.com, Subang – Guna mengantisipasi banjir dan upaya penguatan tanah di tepi sungai Cilamatan, Dewan Da'wah Kabupaten Subang melakukan program reboisasi. Upaya dilakukan dengan menanam ratusan pohon kurma, alpukat dan durian ditanam di tanah wakaf Dewan Da'wah seluas 1,3 hektar yang berlokasi di Desa Cikareo Cibogo persis sebelum kampus Politeknik Subang, Sabtu (25/12/2021).

Sejumlah pengurus Dewan Da'wah Kabupaten Subang turun menanam, diikuti oleh para tokoh pemerhati lingkungan dan tanaman dari Jakarta yang juga turut menyumbang benih dan pupuk.

Dikatakan Ketua Dewan Da'wah Kabupaten Subang Dadhe Alfath, lokasi tanah wakaf seluas 1,3 hektar miliki Dewan Da'wah ini rencananya akan dibangun Pondok Pesantren, Masjid Besar, Asrama Darul Aitam (anak-anak yatim) dan Balai Latihan Kerja (BLK) dengan konsep Edu Park, yaitu konsep taman edukasi hijau. "Posisi tanah wakaf Dewan Da'wah ini sangat strategis berada persis di depan kampus Politeknik Subang, menjadi etalasenya dari kemegahan kampus, oleh karenanya kami sudah mendesain peruntukan tanah wakaf ini sebagai penyeimbang proyek kampus dalam membangun SDM di Kabupaten Subang. Pondok Pesantren ini diharapkan nanti akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan dalam bidang ilmu agama, teknologi dan wawasan lingkungan," tuturnya kepada Reporterjabar.com ditengah kegiatan penanaman.
Maka untuk mengawali proyek panjang ini pihaknya melakukan penghijauan dengan menanam pohon berbuah diantaranya kurma, alpukat dan durian. Dadhe menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah berwakaf dan berinfaq untuk program pemanfaatan tanah wakaf ini. "Terutama kepada Pemerintah mudah-mudahan kedepannya bisa memberikan perhatian agar segala kebaikan yang direncanakan untuk pembangunan Subang ini dapat tercipta dengan baik," pungkasnya. (Satriya)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers