11 Cadet AKMI Suaka Bahari Cirebon Jalani Praktek Laut



Reporterjabar.com, Cirebon - Sebanyak 11 cadet AKMI Suaka Bahari Cirebon akan menjalani praktek laut (Prala) di sejumlah kapal milik BUMN. Setelah dilepas secara resmi melalui apel, sebelum diberangkatkan mereka telah lolos uji kompetensi dan akan diberi pembekalan. 

"Praktek laut itu bisa di perusahaan pelayaran BUMN, Multinasional baik dalam maupun luar negeri. Sebelum terpilih, mereka telah lolos uji kompetensi dari Prodi Teknik dan Nautika," kata Direktur AKMI Suaka Bahari Cirebon Asep Rahmat, Jumat 10/12/2021.

Ia melanjutkan, setiap tahun pihaknya selalu mengirimkan cadet untuk Prala, hal ini merupakan suatu kebanggan bagi mahasiswa dan pihak kampus karena sebelum terjun di dunia kerja lulusan AKMI Suaka Bahari Cirebon sudah teruji kemampuannya.

"Kami rutin melakukannya setiap tahun, karena sudah ada MoU dengan perusahaan pelayaran milik BUMN," imbuhnya.

Selain itu, untuk menyalurkan lulusan terbaik pihaknya juga melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan pelayaran baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kalau yang asing itu anak-anak kita banyak di perusahaan pelayaran Korea. Lalu perusahaan dalam negeri juga kita ada di 120 perusahaan pelayaran," ujarnya.

Ia menambahkan, hingga kini sejak AKMI Suaka Bahari Cirebon berdiri sebanyak 6 ribu lulusan telah berkarya di perusahaan pelayaran baik swasta maupun pemerintah, dalam dan luar negeri.

"Sudah ada 6 ribu lukusan kami yang diterima di perusahaan, baik perusahaan pelayaran maupun di darat. Mereka berada di perusahaan baik swasta maupun pemerintah, dalam dan luar negeri," pungkasnya.

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers