Terkait Patimban, Wakil Bupati Subang Terima Kunjungan Gubernur, Menko Marves dan Menhub

Reporterjabar.com - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi didampingi Kapolres Subang AKBP Sumarni menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dalam rangka kunjungan lapangan ke Pelabuhan Patimban Subang, Kamis (18/11/2021).

Pertemuan tersebut juga sekaligus untuk melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka optimalisasi operasional Pelabuhan Patimban di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Patimban.

Gubernur Jawa Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rakor tersebut berharap pembangunan tol menuju pelabuhan Patimban dibarengi dengan pembangunan jalur kereta api. Selain itu, di kawasan Patimban ada sekolah tinggi atau politeknik maritim yang berbasis 4.0 sehingga warga Jawa Barat bisa sekolah kemaritiman dam mampu bersaing ketika kawasan Rebana maju.

Selanjutnya Emil menyampaikan Pemerintah Provinsi Jabar telah mengusulkan lima pembangunan infastruktur, salah satunya pengembangan kawasan Cirebon, Patimban, dan Kertajati yang akan menjadi Kawasan Metropolitan Rebana. Kawasan Rebana tersebut meliputi daerah Subang, Sumedang, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cirebon dan Kota Cirebon.
Akses tol dan jalur kereta api jadi bagian terpenting selain bandara Kertajati untuk mendukung visi kawasan ekonomi strategis Rebana yang akan menyediakan jutaan lapangan pekerjaan. Hadirnya Patimban akan menjadi simbol kebangkitan dan kejayaan ekonomi Jawa Barat khusunya dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa mencapai 7,6% di tahun 2030 dan pastinya  Indonesia juga akan maju.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan ketika melakukan kunjungan lapangan pelabuhan Patimban, mendukung pembangunan akses tol 37 km berdampingan pembangunan rel kereta api menuju pelabuhan. Tol dan jalur kereta akan mengurangi biaya dan proses menuju pelabuhan. Menteri Marves juga menyampaikan Kawasan Rebana Patimban, Kertajadi dan Cirebon menjadi satu kesatuan proyek pembangunan yang dibuat yang menjadi besar sehingga para investor akan datang. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mendukung perencanaan pembangunan tol menuju Patimban yang diharapkan selesai akhir 2024. Direncanakan juga bahwa Pelabuhan Patimban pada tanggal 17 Desember 2021 akan memulai ekspor ke beberapa Negara. Hal terpenting kerjasama dengan pihak-pihak perusahaan dan para investor seperti Jepang, Korea dan Abu Dhabi untuk merebut peluang bersama-sama untuk kemajuan Indonesia dengan hadirnya pelabuhan Patimban.

Hadir pada kegiatan tersebut Deputi Bidang Koordinasi, Infrastruktur dan Transfortasi, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Dirjen Kekayaan Negara Kementrian Keuangan, Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR dan Staf Khusus Menko Marves, Kepala KSOP Kelas II Patimban, Kepala Irda Subang dan Kadinkes Subang. (Prokopim)

Disclaimer

Opini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Hak Jawab atas Artikel/Berita diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers